MENU
icon label
image label
blacklogo

Air Terjun Semolon, Salah Satu Surga di Kalimantan Utara

JUL 12, 2018@11:30 WIB | 118 Views

 (Air Terjun Semolon)

Kalimantan Utara adalah provinsi termuda yang ada di Indonesia. Berdasarkan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2012, Kalimantan Utara baru resmi disahkan menjadi provinsi oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada 25 Oktober 2012.

Karena merupakan provinsi termuda di Indonesia, makanya belum banyak hal yang tereksplorasi dari daerah yang berbatasan langsung dengan negara bagian Sabah dan Serawak, Malaysia ini, termasuk soal tempat wisatanya.

 (Air Terjun Semolon memiliki bentuk yang bertingkat)

Di Kecamatan Mentarang, Desa Paking, Kabupaten Malinau, Kalimantan Utara, ada sebuah surga tersembunyi yang bernama Air Terjun Semolon. Ini merupakan sumber air panas terbesar dan terunik karena aliran sungainya berbatu, dan bentuknya pun seperti tangga yang bertingkat.

Kawasan ini juga dipercaya bisa menyembuhkan beragam penyakit kulit dan penyakit lainnya. Dibutuhkan sedikit perjuangan untuk sampai di Air Terjun Semolon. Soalnya kita harus melewati lembah yang curam untuk mencapai tempat ini.

 (Airnya tidak berbau dan hangat)

Selama perjalanan menuju Air Terjun Semolon, panorama hutan tropis bakal menemani kita. Sumber air panas yang dikeluarkan dari mata air panas ini, berasal dari kandungan mineral bumi yang terdapat di pulau Kalimantan.

Air Terjun Semolon memiliki bentuk yang sangat unik. Bentuknya yang berundak seperti tangga, dan tidak berbau belerang menjadikan ciri khas tersendiri dari air terjun ini. Setiap tingkat Air Terjun Semolon memiliki tinggi sekitar dua meter dengan air yang bening.

Selain menikmati air hangat, kita juga bisa bermain arum jeram. Lalu, di sini juga sering dijadikan tempat untuk sesi fotografi. Dengan segala keunikan, keindahan, dan keberadaan yang dimiliki Air Terjun Semolon, memberikan kita pengalaman yang tak akan terlupakan. [APSG/timBX]

Tags :

#
air terjun,
#
air terjun semolon,
#
kalimantan utara,
#
black spot