MENU
icon label
image label
blacklogo

Inilah Tim Open Class MotoGP Satu-satunya yang Pakai Seamless Gear

MAR 03, 2015@12:00 WIB | 1,653 Views

Honda dan Yamaha silih berganti menguasai persaingan di ajang MotoGP. Tim Ducati sesekali mencuri perhatian dengan menempatkan salah satu pebalapnya di jajaran pebalap papan atas pada saat sesi pra musim pekan kemarin. Tim-tim open class MotoGP kesulitan bersaing dengan tim pabrikan karena belum bisa menggunakan seamless gear.

Tim-tim satelit MotoGP yang menggunakan ECU standar buatan Magneti Marelli tidak bisa menggunakan seamless gear. Hal ini memunculkan pertanyaan kenapa pebalap tim open class seperti Stefan Bradl, Loriz Baz (Yamaha) dan Jack Miller, Nicky Hayden, Eugene Laverty, Dan Karel Abraham (Honda) sulit bersaing dengan pebalap papan atas.

Berbeda dengan tim open class Avintia Racing yang menggunakan mesin Ducati, mereka berhasil memasangkan seamless gear kepada motor balapnya. Kedua pebalap mereka khususnya Hector Barbera tampil menohok saat sesi tes pra musim di Sepang, Malaysia pekan lalu. Barbera berhasil masuk peringkat delapan pebalap tercepat, ia mencatat waktu 2 menit 0.244 detik, selisih 1,1 detik dari pemimpin waktu tercepat Marc Marquez.

"Alasannya sangat sederhana sebenarnya, kendali pada motor yang berstatus open class ini tidak membutuhkan kontrol pada algoritma," ujar co owner Avintia Racing Dirk Debus. Musim balap 2016 dikabarkan bahwa semua tim MotoGP wajib menggunakan ECU standar tersebut, lalu bagaimana dengan nasib seamless gear?[dw/timBX]

Tags :

#
Tim Open Class MotoGP
#
Magneti Marelli
#
tefan Bradl
#
Loriz Baz
#
Jack Miller
#
Nicky Hayden
#
Eugene Laverty
#
Hector Barbera