MENU
icon label
image label
blacklogo

i-ACC, Sistem Cruise Control yang Lebih Pintar

JAN 13, 2015@17:00 WIB | 957 Views

Teknologi otomotif kian hari kian maju. Setelah Cruise Control makin populer digunakan di mobil-mobil modern, kini lahir teknologi baru Intelligent Adaptive Cruise Control (i-ACC). Pasca ditemukannya teknolgi Cruse Control di era 1900-an, para peneliti di bidang teknologi otomotif terus melahirkan penemuan-penemuan baru. Kini Honda mengklaim sebagai produsen otomotif pertama di dunia yang berhasil menciptakan i-ACC.

i-ACC merupakan pengembangan lebih lanjut dari Adaptive Cruise Control (ACC) yang sudah diaplikasikan ke beberapa mobil yang ada di Eropa. Seperti halnya ACC, i-ACC juga menggunakan kamera pada mobil serta radar yang semuanya bersinergi untuk menetapkan posisi mobil Anda dengan mobil lain di jalan.

Namun bedanya jika ACC biasa hanya bisa melakukan reaksi ketika menemukan laju kendaraan di depan melambat, maka pada i-ACC, hasil pemindaian itu kemudian ditetapkan dalam alogritma untuk memprediksi kemungkinan kendaraan di lajur berbeda memotong lajur mobil Anda.

Sensor i-ACC diklaim akan bereaksi hingga 5 detik sebelum kendaraan di lajur berbeda berpindah tepat ke depan posisi mobil Anda. Ketika kondisi ini terjadi, maka i-ACC akan meminta komputer mobil menurunkan kecepatan kendaraan atau mengerem jika dibutuhkan.

Bagi pengendara, sistem i-ACC akan ditunjukkan pada layar meter cluster dan ikon i-ACC bakal berkedip serta menunjukkan informasi jika ada kendaraan lain yang memotong lajur mobil Anda. Rencananya, sistem i-ACC akan mulai diaplikasikan pada Honda CR-V 2015 yang diedarkan di Eropa. [Pra/timBX] 

Tags :

#
Cruise Control
#
Intelligent Adaptive Cruise Control
#
i-ACC