MENU
icon label
image label
blacklogo

Tiga Cara Mudah Memilih SD Card yang Baik

MAY 13, 2015@17:30 WIB | 3,633 Views

Perangkat digital kebanyakan memiliki slot kartu memori eksternal (SD card), baik itu pemutar musik, kamera digital, laptop, tablet hingga smartphone. Oleh sebab itu banyak produsen SD card yang beredar di pasaran saat ini. Produk SD card juga memiliki perbedaan baik dari segi besaran kapasitas, ukuran perangkat, maupun kecepatan membaca dan menulis data.

Speed

SD card memiliki perbedaan pada kecepatan membaca dan menulis data. Produsen mendesain speed SD card karena setiap pekerjaan dan tugas yang dibebankan pada SD card membutuhkan respon yang cepat. sayangnya beberapa produk SD card memiliki kecepatan standar.

Apabila Anda adalah seorang fotografer profesional yang sering menangkap gambar maupun merekam video resolusi tinggi menggunakan kamera digital, tentunya membutuhkan SD card yang berkecepatan tinggi. Kamera DSLR yang menghasilkan gambar RAW bersolusi tinggi membutuhkan jenis-jenis SD card berkecepatan tinggi ini. Dengan begitu kamera bisa menyimpan semua data dengan cepat.

Klasifikasi speed pada SD card terbagi menjadi empat yakni, 2,4,8 dan 10. SD card kelas 2 merupakan kelas terlambat di dalam klasifikasi SD card. Kelas 10 merupakan yang tercepat. Anda bisa menemukan logo klasifikasi ketika membeli SD card. Jika membeli di online store, Anda bisameneliti informasi mengenai klasifikasi ini.

Ukuran

Ukuran SD card juga berbeda. Kini rata-rata smartphone dan tablet menggunakan microSD card dengan ukuran 11x15x1mm dan berat 0.25gr. Ada juga MiniSD card yang berukuran lebih besar 20x21.5x1.4mm dengan berat  0.8 gr. Setiap SD card ini memiliki slot yang sesuai dengan perangkat masing-masing. Jadi pastikan dahulu, perangkat Anda menggunakan SD card berukuran apa.

Kapasitas

Kapasitas SD card memiliki banyak varian tergantung jenisnya. Jenis SDSC standar memiliki kapasitas 1 sampai 4GB. Jenis SDHC memiliki kapasitas penyimpanan dari 2 sampai 32GB. Kini teknologi SD card terbaru yakni, SDXC memiliki kapasitas sebesar 32GB sampai 2TB.

Tidak semua perangkat mampu dipasangkan dengan teknologi SD card berjenis SDHC dan SDXC. Kebanyakan perangkat mendukung teknologi SDHC, sedangkan untuk saat ini belum banyak perangkat yang cocok dipasangkan dengan SDXC karena teknologi ini cukup baru.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Tiga Cara Mudah Memilih SD Card yang Baik
#
Tips
#
SD Card