MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Kunci Aplikasi Satu per Satu pada MIUI 7

AUG 18, 2015@21:30 WIB | 38,585 Views

Xiaomi baru saja mengumumkan smartphone terbarunya Redmi Note 2 seiring dengan sistem operasi custom terkini MIUI 7. MIUI hadir dengan berbagai fitur baru dan desain yang diperbarui. Beberapa fitur barunya juga sudah satu per satu terbongkar, namun salah satu fitur baru yang paling menarik dari MIUI 7 adalah kemampuannya untuk mengunci aplikasi.  
 
Kadang kita tidak dapat mengawasi smartphone kita yang kebetulan di pinjam atau digunakan orang lain, padahal ada aplikasi di dalam smartphone kita yang berisi data pribadi atau sensitif. Dengan MIUI 7 kita dapat mengunci aplikasi-aplikasi yang tidak ingin diakses orang lain. Bila Anda kebetulan sudah meng-update perangkat Xiaomi Anda ke MIUI 7 dan membutuhkan fitur ini, Anda dapat mengikuti panduan untuk mengaktifkannya di bawah.
 
1. Pertama, buka menu "Settings", scroll ke bawah, cari dan tekan pilihan "Privacy".
 
2. Lalu masuk ke "Privacy Settings" dan pilih "Lock Individual Apps".
 
3. Masukkan lock pattern dan pin, lalu pilih "Confirm"
 
4. Untuk menentukan aplikasi mana saja yang ingin kita kunci, pilih "Choose Apps to Lock"
 
5. Di sini akan tampil seluruh aplikasi yang ada dengan switch di sebelah kanannya, Anda cukup memindahkan saklar ke arah kanan untuk aplikasi-aplikasi yang Anda ingin kunci. Terakhir, keluar dari Settings dan seluruh aplikasi yang Anda pilih akan terkunci.
 
Saat Anda membuka aplikasi yang terkunci, maka Anda akan diminta untuk memasukkan pattern terlebih dahulu dan bila tidak ada yang mengetahui pattern tersebut selain Anda maka data yang ada pada aplikasi ini juga tidak akan dapat diakses orang lain.

Sesungguhnya fitur serupa sudah terdapat pada Android dan juga iOS dalam bentuk aplikasi pihak ketiga seperti AppLocker pada iOS dan AppLock pada Android.

Tapi tentu dengan MIUI 7 Anda tidak perlu meng-install aplikasi lain lagi karena fitur ini sudah terbenam di dalam Settings. Selamat mencoba. [leo/timBX]