MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Permasalahan Note 5 dan Solusinya

OCT 01, 2015@14:00 WIB | 53,502 Views

Ketika banyak penggemar mengerubuti Galaxy Note 5 terbaru, beberapa dari penggunanya malah mengalami permasalahan pada phablet tersebut dari yang ringan hingga yang berat. Memang setiap smartphone memiliki permasalahannya masing-masing, dan hampir pasti ada jalan keluarnya. Kini kita mengumpulkan beberapa permasalahan pada Galaxy Note 5 serta jalan keluar dari permasalahan-permasalahan ini.

1. S Pen Macet atau tersangkut

Walaupun terdengar konyol namun hal ini memang terjadi, ada beberapa pengguna mengeluhkan S Pen tersangkut pada lubang saat kita salah memasukkannya dan bila berhasil dicabut sensor pedeteksinya menjadi rusak.

Pertama, hindari dulu memasukkan S Pen dengan cara yang salah, pastikan yang masuk ujung runcingnya terlebih dahulu. Bila sudah terlanjur tersangkut, jangan coba tarik dengan paksa, S Pen Anda akan keluar, namun komponen pendeteksi di dalam lubang S Pen kemungkinan akan rusak. Cara amannya adalah dengan menggunakan kertas yang digunting kecil dan panjang, sepanjang S Pen. Selipkan perlahan kedalam lubang dan dorong sensor ke dalam sehingga Anda dapat menarik S Pen anda tanpa merusak komponen detektor. Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat video di bawah.

2. WiFi susah Tersambung, Putus, atau Lambat

Selain S Pen macet, pengguna juga menemukan WiFi bermasalah pada jaringan WiFi tertentu, entah itu tak mau tersmabung, putus-putus, atau lambat, berikut ini cara memperbaikinya. Ada beberapa cara yang dapat Anda coba.

- Restart Note 5 Anda

- Hapus jaringan yang ingin Anda gunakan, restart koneksi WiFi dan sambungkan lagi

- Pastikan Smart Network mati dengan masuk ke pengaturan WiFi

- Pastikan Keep Wi-Fi on during sleep diatur ke "Always"

3. Layar Freeze atau Hang

Beberapa pengguna Note 5 juga kerap mengalami halt yang datang secara random. Layar berhenti selama 2-5 detik ini juga termasuk permasalahan yang menyebalkan. Ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba untuk menanggulanginya.

- Hapus partisi cahce dengan mematikan Note 5, lalu nyalakan dengan menekan tombol power, volume naik dan tombol home bersamaan, maka Anda akan masuk ke menu recovery. Gerakkan kursor ke "wipe cache partition" dan pilih dengan menekan tombol power. Setelah selesai, restart note 5 dengan memilih "reboot system now."

- Permasalahan juga bisa datang dari aplikasi yang crash. Untuk mengujinya Anda dapat masuk ke safe mode dengan cara mematikan Note 5 terlebih dahulu, dan nyalakan kembali dengan menekan tombol volume turun dan tombol power. Bila permasalahan hang ini hilang dalam safe mode, kemungkinan ada aplikasi yang menyebabkan ini. Temukan aplikasi tersebut dan hapus.

4. Tak mau menyala

Permasalahan keempat ini jarang ditemukan oleh pengguna tapi memang pernah terjadi, dalam keadaan mati, Note 5 tak mau menyala atau sama sekali tidak merespon saat kita tekan tombol power. Bila keadaan ini terjadi, jangan khawatir, Anda dapat mencoba trik ini.

- Tekan dan tahan tombol power dan volume bawah sekitar 10 detik, Note 5 Anda akan restart dan masuk ke Maintenance Boot Mode, pilih Normal Boot. Isi daya Note 5 Anda selama setengah jam, setelah itu coba nyalakan. Bila tetap tidak menyala, masuk ke mode maintenance lagi, colokkan smartphone ke komputer.

- Bila tidak ada respon masuk ke menu recovery dengan menekan tombol power, volume naik dan tombol home bersamaan. Gerakkan kursor ke "reboot system now" dan tekan tombol power. Bila ini tidak berjalan juga saatnya Anda mengembalikannya ke pusat service.

5. Fast Charging tak Berjalan

Beberapa pemilik Note 5 juga mengeluhkan bahwa fitur charger cepat tidak selalu berjalan dengan seharusnya. Fast charging bekerja dengan maksimal dari daya 0% hingga 50% hanya dalam waktu 30 menit dan ia akan melambat sesudahnya. Jadi bila pengisian daya Note 5 melambat setelah mencapai angka 50% berarti ini hal yang normal. Namun bila Note 5 Anda lambat sebelum mencapai daya 50% , ada beberapa hal yang patut dicermati.

- Pastikan Anda menggunakan charger Samsung orisinal berikut kabelnya dan memang aksesori yang mendukung Fast Charging.

- Pastikan Anda menancapkannya langsung ke stop kontak

- Pastikan charger tertancap dengan sempurna ke Note 5

6. Daya Tahan Baterai Lemah

Banyak pengguna puas dengan baterai 3000mAh pada Note 5 walau lebih rendah dari pendahulunya, namun beberapa pengguna juga mengalami ketidakpuasan karena terlalu cepat habis. Nah bila ini terjadi pada Note 5 Anda, maka Anda dapat mencoba trik di bawah.

- Buka Settings - Battery, dan pilih Battery usage untuk melihat daftar apa saja yang menghabiskan baterai Note 5, bila Anda menemukan ada aplikasi yang memakan banyak baterai mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menghapusnya, atau menghentikan aktifitasnya.

- Atau Anda dapat menggunakan mode Power saving dengan menuju ke Settings - Battery untuk memperpanjang nyawa baterai Note 5.

7. Bluetooth tak Mau Connect atau Disconnect

Permasalahan yang kadang menghinggapi pengguna Galaxy Note 5 adalah koneksi Bluetooth. Entah tidak mau Connect atau tidak mau disconnect ke perangkat lain. Jangan dulu panik, Anda dapat mencoba beberapa solusi di bawah jika permasalahan ini menghinggapi Note 5 Anda.

- Pastikan Anda mengikuti prosedur penghubungan yang tepat, seperti memasukkan kode pairing, atau menekan tombol tertentu dan periksa apakah jumlah koneksinya sudah mencapai batas, di mana kemungkinan perangkat lain tersebut memiliki batas perangkat yang terhubung. Jika ini terjadi hapuslah salah satu yang tidak digunakan.

- Anda dapat mencoba mengulang proses pairing dengan masuk ke Settings - Bluetooth pada Note 5 Anda dengan sebelumnya me-restart Note 5.

- Bila masih bermasalah Anda dapat masuk Ke Settings - Applications -  Application mangaer dan pilih Bluetooth. Coba pilih Clear Cache dan Clear Data, lalu coba connect lagi.

- Anda juga dapat mencoba menghapus cache partition dengan mematikan Note 5, lalu nyalakan dengan menekan tombol power, volume naik dan tombol home bersamaan, maka Anda akan masuk ke menu recovery. Gerakkan kursor ke "wipe cache partition" dan pilih dengan menekan tombol power. Setelah selesai, restart note 5 dengan memilih "reboot system now."

Nah, itu dia permasalahan yang mungkin terjadi pada Samsung Galaxy Note 5 dan cara menanggulanginya sendiri. Bila Anda merasa tidak pasti atau kurang mampu untuk mengatasinya, ada baiknya Anda langsung menuju ke service center resmi untuk memperbaikinya. Selamat mencoba! [leo/timBX]