MENU
icon label
image label
blacklogo

Internet.org Gandeng Indosat Untuk Masuk Indonesia

APR 19, 2015@17:00 WIB | 1,083 Views

Internet.org yang dicanangkan bos Facebook, Mark Zuckerberg, Jumat (17/4) lalu suddah masuk Indonesia. Melalui akun Facebooknya Mark mengumumkan kabar ini. "Kami baru saja meluncurkan  Internet.org di Indonesia! Ini adalah tahap lanjutan untuk menghubungkan seluruh dunia," ungkapnya.

Diketahui bahwa Internet.org ini adalah program yang diprakarsai Facebook untuk menyediakan internet gratis di daerah terpencil negara-negara berkembang. Indonesia menjadi salah satu negara yang menerima dengan terbuka program tersebut. Mark Zuckerberg sendiri sampai "belusukan" ke Yogyakarta tahun lalu untuk melihat sendiri cara masyarakat memanfaatkan teknologi komunikasi.

Dalam mewujudkan cita-citanya tersebut, Facebook menggandeng Indosat sebagai partner lokal. Di situs Internet.org tertera dengan jelas daftar situs yang bisa diakses gratis dengan menggunakan kartu SIM Indosat termasuk Facebook.

Direktur Utama Indosat, Alexander Rusli mengatakan bahwa proyek Internet.org ini menargetkan pengguna yang belum mengenal internet sebelumnya. Alex menerangkan bahwa pengguna feature phone di Indonesia masih 70 persen jumlahnya dan 30 persen sisanya pengguna smartphone.

Harapannya, program ini mampu mengenalkan internet pada mereka yang selama ini buta internet. Setelah mengetahui manfaatnya, pengguna bisa beralih menjadi pengguna internet aktif atau berpindah dari feature phone ke smartphone. Alex mengklaim bahwa seluruhh jaringan Indosat sudah siap melayani Internet.org. Sifat Internet.org ini sendiri lebih low-bandwith. Itu berarti dengan jaringan 2G saja, pengguna bisa mengakses situs gratis yang disediakan Internet.org ini di seluruh Indonesia.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Internet.org
#
Mark Zuckerberg
#
Indosat