MENU
icon label
image label
blacklogo

Hacker Minta Tebusan, Dropbox Bantah Sistemnya Dibajak

OCT 15, 2014@08:30 WIB | 1,073 Views

Seorang Hacker tak bernama mengunggah sedikitnya 400 akun Dropbox beserta passwordnya ke dalam dokumen teks pada Selasa (14/10) lalu. Data tersebut terpampang dalam sebuah thread di forum online, Reddit. Sang peretas pun meminta tebusan dalam bentuk Bitcoin, jika tidak ingin tujuh juta akun dan password Dropbox lainnya dibocorkan di tempat yang sama.

Pihak Dropbox sendiri mengklaim bahwa layanan mereka tidak diretas oleh siapapun. Password yang terpampang tersebut diyakini, hanyalah curian dari pihak ketiga dan sebagian besar telah kadaluarsa. Pihak Dropbox sendiri mengaku, mereka telah mengirim email kepada ratusan akun yang dicuri passwordnya dari pihak ketiga tersebut, beberapa bulan lalu. Isi email dari Dropbox tersebut meminta para pengguna untuk mengganti password mereka yang kadaluarsa, karena pihak Dropbox telah mendeteksi adanya aktifitas mencurigakan pada akun dan password kadaluarsa tersebut.

Di sisi lain, anggota forum online Reddit mengaku berhasil masuk ke dalam daftar akun Dropbox yang diretas tersebut. Sayangnya, sampai saat ini belum diketahui pasti, apakah Dropbox benar-benar diretas dan jutaan data akun Dropbox berada di tangan orang yang tidak bertanggung jawab atau tidak. Untuk mengantisipasi rumor ini, Dropbox menyarankan pengguna layanan could storage tersebut, untuk mengganti kata kunci akun Dropbox mereka dan sekaligus mengaktifkan two-step verification untuk menambah keamanan.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Hacker
#
Dropbox
#
Bitcoin