MENU
icon label
image label
blacklogo

Autodesk Pakai Teknologi Digital Prototyping Untuk Mendesain Mobil Proton

NOV 20, 2014@16:19 WIB | 1,008 Views

Autodesk salah satu pemimpin global dalam industri desain 3D terus menancapkan taringnya dalam teknologi desain otomotif di ASEAN. Bekerjasama dengan Proton Holdings Berhad (PROTON), perusahaan otomotif asal Malaysia itu pun menggunakan teknologi Digital Prototyping dari Autodesk untuk mempercepat proses desain otomotif dan menciptakan identitas desain yang berbeda pada seluruh model mobil terbarunya. Mengawinkan teknologi 3D dengan otomotif ini pun merupakan salah satu pendekatan revolusioner.

Teknologi Digital Prototyping ini adalah solusi untuk menghasilkan produk dengan cepat dan berbiaya efektif. Digital Prototyping yang ditawarkan Autodesk ialah, Product Design Suite, Autodesk Factory Design Suite, Autodesk Alias Automotive dan perangkat lunak Autodesk Maya. Perangkat-perangkat yang disebutkan itu mampu mengerjakan desain produk, optimasi desain, simulasi dan teknik manufaktur.

Semua model mobil terbaru yang diproduksi oleh PROTON seperti PROTON Suprima S, PROTON Preve, Exora, PROTON Saga FLX, PROTON Persona, PROTON Satria Neo termasuk juga PROTON Iriz yang terbaru pun turut dirancang menggunakan teknologi Autodesk ini.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, jika teknologi Autodesk ini merupakan solusi yang efisien dan efektif hingga mampu mengurangi total waktu yang dihabiskan untuk desain mobil sebesar 20%. Untuk diketahui, konseptualisasi mobil baru sendiri dapat memakan waktu antara 18-24 bulan lamanya. Penggarapan mobil Proton Prevé, yang diluncurkan pada 2013 lalu pun menjadi satu bukti tersendiri.

PROTON berhasil mengurangi waktu dan biaya pada skala pengembangan model sebesar 65%, padahal rancangan kendaraan itu dilakukan dengan cara berkolaborasi dengan konsultan asal Italia. Penggunaan Alias Design dan Alias Automotive telah berhasil memudahkan kolaborasi dan membuat alur kerja yang tepat serta mulus antara kedua belah pihak dan tanpa masalah.

Kemajuan teknologi telah berhasil mengubah lanskap bisnis, terutama dalam hal desain. Kini dengan hadirnya teknologi Digital Prototyping dari Autodesk akan semakin mempermudah desainer untuk mengeksplorasi berbagai inovasi dalam beragam bidang.[Lalu/timBX]

Tags :

#
Autodesk
#
Proton Holdings Berhad
#
Proton
#
Product Design Suite
#
Autodesk Factory Design Suite
#
PROTON Suprima S
#
PROTON Preve
#
Exora
#
PROTON Saga FLX
#
PROTON Persona
#
PROTON Satria Neo
#
PROTON Iriz

RELATED ARTICLE