MENU
icon label
image label
blacklogo

Teropong Bintang Dibuat Dari Cetak 3D dan Nokia Lumia 1020

OCT 11, 2014@12:00 WIB | 1,337 Views

James Parr, dari OSA (Open Space Agency) membuat sebuah terobosan bernama Ultrascope. Ultrascope meupakan sebuah teropong bintang yang dibangun menggunakan hasil cetak printer 3D yang memiliki kemampuan layaknya teleskop pada ruang observatorium. Uniknya, selain perangkat ini dibuat menggunakan printer 3D, Ultrascope juga memanfaatkan kecanggihan dari smartphone berkamera 41 megapiksel, Lumia 1020.

Potongan cetak printer 3D tersebut kemudian disusun dan juga ditambahkan beberapa kaca arcylic sebagai komponen optikal pada teropong Ultrascope. Kemudian dirakit dan menghasilkan teropong berukuran tinggi satu meter tersebut. Ultrascope selanjutnya dikendalikan menggunakan mikro-kontroler Arduino dari PC.

Tujuan James Parr membuat Ultrascope adalah menciptakan perangkat teleskop yang lebih portable serta dengan biaya lebih murah. Secara open-lisence James akan memberikan spesifikasi, file 3D dan diagram perancangan Ultrascope dimana semua orang bisa membangunnya sendiri.

Meski saat ini proyek Ultrascope juga masih dalam tahap beta, tapi penelitian ini akan dikembangkan untuk menghasilkan perangkat yang lebih sempurna hingga setahun kedepan. Ultrascope nantinya juga akan dikembangkan lebih luas tidak hanya sebagai teleskop, tetapi juga untuk keperluan di laboratorium medis seperti mikroskop dan sebagainya.[iam/timBX]


Berikut Cuplikan Video :

Tags :

#
Nokia Lumia 1020
#
Ultrascope
#
Printer 3D