MENU
icon label
image label
blacklogo

VW Combi Double Face 'Filosofi Kopi'

JAN 22, 2015@17:35 WIB | 20,456 Views

Film Filosofi Kopi yang memasuki promo akhir-akhir ini, diyakin tak hanya menyedot perhatian kalangan penggemar film saja tetapi juga penggila otomotif. Pasalnya, dalam film garapan sutradara beken Angga Dwimas Sasongko ini menyertakan sebuah mobil modifikasi berbasis Volkswagen Combi Brazil tahun 1981 yang telah dimodifikasi menjadi doubel face alias bermuka dua. Bermuka dua yang dimaksud bukanlah berarti munafik, namun mobil tersebut telah di-custom sehingga berbentuk seperti dua mobil yang "ditumpuk".

Sebuah bengkel spesialis VW di kawasan jalan Raya Hankam, Taman Mini mendapat jatah merenovasi mobil ini. Dibawah "komando" salah satu owner-nya Joko, bengkel bersaudara ini merapikan beberapa sektor mulai dari menghidupkan mesin, mengganti semua kaki-kaki dan mengecat ulang warna bodinya.

"Bengkel saya kebetulan hanya merenovasi ulang tidak membuat modifikasinya, karena sejak dibawa ke bengkel bentuk mobilnya sudah seperti itu. Kita hanya ditugaskan untuk merenovasi ulang kaki-kaki, menghidupkan mesin karena sudah bertahun-tahun mobil ini tidak dihidupkan. Nah, selanjutnya merapikan warna bodinya sesuai request, untuk kebutuhan syuting film Filosofi Kopi", ujar Joko dari bengkel VW Taman Mini.

Langkah pertama yang digarap menurut pengakuan Joko, adalah mengganti seluruh komponen pengerem total diganti menggunakan part asli dari VW Combi. Diantaranya mulai kampas, master atas dan bawah hingga ke booster rem. Seluruh parts bearing turut diganti hingga shockbreaker depannya menggunakan aslinya buatan Brazil.

Supaya mobil tidak limbung saat dikendarai, ground clearance-nya harus diturunkan dari ukuran aslinya. Untuk hal ini disiasati dengan menurunkan torsi sasis sehingga lebih ceper dan suspensi dilengkapi adjuster untuk menyeting ketinggian suspensi. Karena memang di film yang dibintangi oleh Cicho Jericho, Rio Dewanto serta Julie Estelle, Sang VW Combi diperlukan memenuhi adegan riding.

Bicara soal velg, sang VW Combi Brazil ini masih mengandalkan velg aslinya R14 dengan offset rata 5,5 inci. Sedangkan mesin dihidupkan cukup dengan ditune-up, ganti oli, ganti busi, ganti aki, service dinamo stater hingga ganti fanbelt.

Menyinggung soal bodi eksterior yang tergolong unik "double face". Untuk "muka" atasnya bukan menggunakan potongan bodi mobil Combi melainkan dibuat menggunakan bahan fiber. Dan dibagian atas juga terdapat bangku yang bisa diduduki oleh penumpang. Hmm, interiornya pun nampak jelas aroma klasiknya. Hanya saja jok telah dilapis kulit hingga door trim-nya dan di bagian kabin belakang terdapat custom sofa, serta jendela dibuat seperti window layaknya moko alias mobil toko. [nus/timBX]

Spesifikasi :

Mobil : Volkswagen Combi Brazil 1981
Mesin : Orisinil VW Combil
Suspensi : Orisinil VW Combi Brazil custom adjuster
Velg : Orisinil VW Combi Brazil R14
Offset velg rata pakai 5,5 inci
Custom : Bodi, interior kabin belakang sofa edition, kabin atas

Tags :

#
BX Rides
#
Rides
#
VW Combi Double Face
#
VW Combi
#
Modifikasi VW Combi
#
Modifikasi VW Combi Double Face
#
Modifikasi