MENU
icon label
image label
blacklogo

Daihatsu Xenia Dr.Light Siap Ikutan Kontes Sound

APR 24, 2014@16:03 WIB | 3,617 Views

Bagi Ferrari Chandra mobil MPV, Daihatsu Xenia tipe M Family bukan berarti mobil untuk keluarga. Justru ditangannya MPV tersebut berubah fungsi menjadi mobil hobi. Ia memilih konsentrasi modifikasi Daihatsu Xenia tersebut pada sektor audio system. Demi memuluskan niatnya, ia rela merogoh kocek hingga Rp. 60 jutaan untuk merakit audio di mobilnya.

Urusan perakitan Chandra mempercayakan pada Din Audio di kawasan pertokoan MGK Kemayoran. Merujuk pada aliran Sound Quality Level atau SQL, sejumlah perangkat berlabel RE dilekatkan mulai dari kabin depan hingga belakang. Beberapa perangkat umum yang diandalkan untuk mengeksplor kualitas suaranya yakni head unit Clarion NX702A, dengan processor Alpine + RUK. Kemudian dua buah power 3pch dan power RE 4 channel sebanyak 4 buah. Selanjutnya ada monoblok RE(-pc), untuk mengangkat suara bassnya dipilih subwoofer RE 12 inci sejumlah 2 buah. Selanjutnya ada 3-way dari RE dan capasitor bank 3Farad.

Menyinggung sektor entertainment dalam kabin, ada perangkat LCD TV sebesar 42 inci, dan ditambah pula dengan Sony Playstation. Serta beberapa tv monitro 7 inci sebanyak 3 buah. Satu trik yang harus diperhatikan menurut Rudiansyah, installer audio, ia memberlakukan cara-cara khusus terutama untuk bagian peredam. Diperlukan peredam yang baik dengan teknik pemasangan yang baik. Tujuannya supaya suara pantulan suara dari luar tidak mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Jadi jangan heran bila Anda melongok kabin tengah dan belakang dari mobil ini. Tidak akan ditemukan jok asli pabrikan pada kabin tengah. Sebagai pengganti, jok dibuat custom berbentuk sofa, sedangkan kabin belakang dan bagasi telah beralih fungsi menjadi wadah piranti-piranti komponen sound system-nya. Selain itu sebagai pemanis, sang empunya yang bertubuh bongsor ini turut menghadirkan style elegance dikabinnya. Dan ada pula minibar di dashboard.

Sektor eksterior, tak serumit modifikasi di iiterior. Tampilan standar masih melekat, hanya ada side skirt OEM. Melihat lampu memang sedikit berbeda dengan kebanyakan mobil modif lainnya. LED yang terpasang pada lampu senjanya memang tampak berbeda. Pengakuan sang owner, Ferrari Chandra, lampu tersebut memang hasil eksperimen para mekanik di bengkel kepercayaannya. Kemudian kolaborasi store modifikasi lainnya datang dari Pacman cutting sticker yang berperan mengubah penampilan bodinya dengan permainan cutting sticker kartun berkarakter Dr.Light.

"Secara total untuk sektor eksterior memang tak nampak perubahan berarti, hanya ada lampu custom dan aplikasi velg replika Mercedes-Benz", beber Chandra. Untuk velg menggunakan replika Mercedes-Benz dengan lingkar diameter 16 inci, dilengkapi dengan ban Achilles ATR Sport berukuran 195/50. Paduan sektor roda tersebut sudah membuat bodi mobil tampak pendek dari aslinya. Tetapi ini belum memuaskan hasrat sang empunya Xenia keluaran 2012 ini. "Saya ada rencana untuk membuat tampilan mobil semakin ceper, kemungkinan akan saya potong pernya", ujar Chandra.

Chandra menuturkan, mobilnya memang dipersiapkan untuk mengikuti sejumlah event kontes audio di Tanah Air di tahun 2014 ini. Setidaknya ia ingin ikut berkompetisi di kelas kategori SQL 60 juta. Gud luck bro![nus/timBX]

Spesifikasi

Mobil : Daihatsu Xenia M Family 2012
Velg : Replika Mercy R16
Ban : Achilles ATR Sport 195/50
Audio : Head unit Clarion NX702A, procesor PXA701 Alpine + RUK, 2 buah power 3pch, Power RE 4channel 2 buah, Monobloc RE(-pc), 3way RE, subwoofer RE 12 inci (2

buah), capasitor bank metalik 3Farad, tweeter RE, mid range 3 in Ranner, mid bass RE, preamp Soundstream MPQ6X0, Synergi Synkronys wiring, peredam Auto Mat,

4 monitor visual, LCD TV 42 inci, 3 monitor 7 inci
ICE : LCD TV 42 inci, TV Monitor 7 inci (3buah), game Sony Playstation
Custom : Lampu Dr.Light, cutting sticker karakter Dr.Light, cover variasi master rem depan, minibar, jok sofa

Tags :

#
Daihatsu Xenia M Family
#
Sound Quality Level
#
Daihatsu
#
SQL
#
Cutting Sticker
#
Elegance