MENU
icon label
image label
blacklogo

Bajaj Pulsar "Ganti Baju" Kawasaki ZX6

APR 17, 2014@11:38 WIB | 5,854 Views

Sejatinya modifikasi bertujuan untuk mengubah penampilan kendaraan menjadi lebih fashionable dan eye catchy. Prinsip ini berlaku bagi awak bengkel modifikasi Jail Auto Custom di kawasan Bekasi Barat. Ketika datang seorang pelanggannya membawa Bajaj Pulsar, Jimmy maka timbul ide mengubah tampilan sang kuda besi menjadi lebih masa kini. Bengkel yang cukup dikenal bermain limbah-limbah moge ini pun merujuk pada konsep modifikasi daily sport dengan "ganti baju" Kawasaki ZX6.

Tampilan sport Bajaj Pulsar yang mulai usang, dipreteli dan solusinya adalah membuat cover bodi menyerupai Kawasaki ZX6. Selaras dengan keinginan sang owner, karena memang ia menyukai penampilan moge sport. "Penampilan moge sport memang sangat gue suka, motor jadi lebih asyik dilihatnya tapi tidak mengurangi kenyamanan saat dikendarai", ujar Jimmy.

Sistem kelistrikan Pulsar terpaksa diubah dari sistem AC menjadi DC, tujuannya untuk mendapatkan daya listrik yang lebih pas dan dan lebih baik dari aslinya. Setelah proses kelistrikan selesai digarap, maka proses ubahan berlanjut pada penggantian cover bodi. Jimmy berkiblat pada bodi model Kawasaki ZX6. Untuk itu para crew bengkel diharuskan membuat bodi custom.

Soal konsep pewarnaan pada covernya merujuk pada keinginan sang pemilik. Menurut Jimmy warna pada bodi motor keluaran tahun 2008 tersebut beradasarkan pada warna kesukaannya. "Gue menyukai warna hitam dan merah karena menurut gue warna tersebut berkesan sangar. Warna putih lebih kepada kombinasi supaya warnanya tidak terkesan mati (komposisi warna ideal_Red)", ujarnya.

Sektor kaki-kaki turut menjadi perhatian para mekanik untuk menggantinya segera. Bagian terpenting dilihat dari suspensi belakang, dari ganda menjadi monoshock menyesuaikan dengan tampilan asli motorsport. Selanjutnya velg mengadopsi ukuran 4,5 inci, lebih tampak lebar dan kekar. Soal performa dapur pacu, masih dianggap sesuai kebutuhan hariam, itulah sebabnya mesin asli pabrikan masih diandalkan. [nus/timBX]

Spesifikasi :

Motor : Bajaj Pulsar UG3 2008
Velg : Orisinil Pulsar (depan), custom 4,5 inci (belakang)
Suspensi : Modifikasi monoshock
Custom: Bodi custom Kawasaki ZX6, arus listrik DC

Tags :

#
BX Rides
#
Bajaj Pulsar UG3
#
Bajaj Pulsar
#
Bajaj
#
Kawasaki ZX6
#
Kawasaki
#
Motorsport
#
Jail Auto Custom
#
Modifikasi