MENU
icon label
image label
blacklogo

Signal Kustom Bersiap Garap Eksterior Renault Duster dengan Mural Art di IIMS 2014

SEP 22, 2014@14:20 WIB | 9,089 Views

Penyelenggaraan IIMS ke-22 tahun 2014 ini juga diwarnai dengan aksi live custom atau modifikasi oleh Signal Kustom Built. Bengkel yang bermarkas di Bandung ini, mencoba memberikan alternatif hiburan bagi pengunjung IIMS 2014. "Tak hanya soal mobil-mobil baru dari pabrikan atau Agen Pemegang Merk (APM) saja. Kami pun mencoba membagikan pengetahuan mengenai modifikasi dalam waktu yang cepat, dibuat secara langsung dan unik", demikian ungkap Andre Mulyadi, dari Signal Kustom Built.

Andre dibantu dengan seniman mural art dari Bandung, Yudi Andhika, memulai aksi perdananya pada Jumat (19/9) lalu. Sebelum terjun langsung menggarap eksterior Renault Duster, Yudi terlebih dahulu membocorkan langkah pertamanya membuat sket desain pada sehelai kertas. "Saya memulai sket desain terlebih dahulu untuk membuat pondasi awal dari mural yang akan saya tuangkan ke bodi mobil Duster", ujar Yudi kepada tim BX.com.

Yudi juga membeberkan proses pembuatan dari sket gambar melalui tangannya ke media digital alias komputer. Proses desain di komputer merupakan tingkat lanjutan, di komputer semua digambar ulang dan diwarnai sesuai target yang ada pada spidol cat. Ya, teknik mural art pada modifikasi ini menggunakan spidol berisi bahan cat yang langsung bisa digunakan layaknya ballpoint.

Sebelum proses gambar di mobil, seluruh bagian bodi eksterior yang akan digambar haruslah diamplas terlebih dahulu. Tujuannya untuk menghilangkan lapisan vernis pada cat sehingga permukaan bodi lebih kasar. Alhasil, proses gambar pun menjadi lebih mudah dan dipastikan tinta lebih cepat kering dan menempel pada bodi. Menurut rencana Andre, bodi eksterior Renault Duster yang akan digarap pertama yakni sisi kanan, berlanjut pada pemasangan sejumlah cutting sticker diseluruh bagian hingga kap mesin. Setelah itu bagian bodi sisi kiri. Proses akhirnya berupa finishing, ditahapan ini penyempurnaan desain dilakukan secara detail. Kemudian proses paling "buntut" adalah penyemprotan vernis dan poles.

Autolovers, Anda mungkin sering melihat pembuatan mural pada dinding-dinding atau media gambar lainnya, tetapi bagaimana jika itu dilakukan pada mobil? Tentu banyak keunikan dari teknik dan prosesnya yang bisa ditemui. Ikuti tema BX Modification Journal, bulan ini, Live Mural Art @IIMS2014 by Signal Kustom. [nus/timBX]

Tags :

#
IIMS 2014
#
IIMS
#
Indonesia International Motor Show
#
Signal Kustom Built
#
Modifikasi
#
Mural
#
Renault Duster