MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Peugeot RCZ - Like A Supermodel

AUG 21, 2015@12:00 WIB | 4,177 Views

Like a supermodel. Mungkin itu kalimat yang tepat menggambarkan bagaimana menariknya Peugeot RCZ ini. Kemana pun coupe Perancis itu melangkah maka semua mata tertuju padanya.

Demikian yang kami rasakan ketika melakukan pengujian dan sesi foto Peugeot RCZ. Model yang kami tes kali ini adalah versi minor change yang ditawarkan PT Astra International Tbk - Peugeot Sales Operation selaku Agen Pemegang Merek (APM) Peugeot di Indonesia.

Keseluruhan bentuknya tak berubah dari RCZ model terdahulu, tetapi kini ada pemakaian grill baru yang terbagi menjadi dua sektor, logo singa khas Peugeot tanpa frame, serta lampu depan berteknologi Xenon serta adanya Daytime Running Light (DRL) di bumper depan. Perubahan lainnya ada pada desain velg 19 inci, lampu belakang, dan rear bumper spoiler.

Peugeot RCZ tetaplah menjadi sprotcar menawan. Ia memang bukan layaknya mobil sport lain yang menawarkan mesin bigbang berdaya ratusan daya kuda. Jantung tenaga yang tersimpan di bawah bonet hanyalah mesin 1.6-liter 4 silinder berteknologi turbocharger. Dengan sedikit improvement, mesin berdaya 156 hp itu mampu ditingkatkan pada model facelift ini menjadi 163 hp, sedangkan torsinya tetap 240 Nm.

Kesigapannya bermanuver juga tidak istimewa, namun berada di kokpit Peugeot RCZ lebih mirip mengemudikan sedan dibanding mobil sport dua pintu. Tapi sayang jok penumpang belakang yang terlampau sempit plus headroom untuk penumpang dibagian ini yang sangat terbatas membuat kami tak menyarankan mobil ini diisi lebih dari 2 orang.

Bila dibandingkan dengan sportcar Eropa dua pintu lain yang bermesin V6 atau bahkan V8, jelas RCZ akan kalah telak tetapi akselerasinya cukup untuk bisa bertaji di perkotaan. Pilihan 3 mode berkendara: Normal, Sport, dan Snow menjadi kelebihannya. Normal untuk pemakaian yang lebih "halus", Sport untuk mendapat akselerasi lebih spontan, dan Snow untuk merasakan traksi yang lebih baik.

Tidak butuh waktu lama untuk melesat 100 km/jam dari posisi berhenti bagi Peugeot RCZ. Tetapi Anda harus pertimbangkan suspensi yang cukup keras layaknya karakter kaki-kaki sportcar. Tapi pengorbanan itu akan setimpal ketika Anda city touring dengan Peugeot RCZ.

Dilihat dari berbagai sudut manapun ia tetap cantik bahkan banyak yang mengira ini mobil miliaran rupiah. Bagian muka tampak berkelas sementara siluet bodinya proporsional dan ditutup dengan buritan sexy. Begitu pun di interior, pemakaian bahan kulit berkelir hitam dengan hanya sedikit aksen chrome dan silver jelas membuat Peugeot RCZ ini lebih berkelas dibanding sportcar lain yang biasanya menawarkan kokpit dengan tema lebih sporty.

Terlebih lagi ada bagasi super lapang di bagain belakang yang mampu menampung dua koper berukuran besar sekaligus. Ketika Anda parkir Peugeot RCZ ini di sebuah lobby pusat perbelanjaan ternama, maka Anda akan berubah menjadi supermodel dan menjadi sorotan perhatian banyak orang. [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin :
1.6-liter 4 cylinder EP6CDTM turbocharger
Kapasitas : 1.598 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : electronic multi point injection
Tenaga Maksimum : 163 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 240 Nm / 1.400 rpm
Transmisi : 5-Speed otomatis
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas Tangki : 55 liter
Panjang : 4.290 mm
Lebar : 2.107 mm
Tinggi : 1.352 mm
Sumbu Roda : 2.612 mm
Suspensi Depan : Independent MacPherson strut with coil spring
Suspensi Belakang : Independent trailed arm with coil spring
Ban Depan : 235/40 R19
Ban Belakang : 235/40 R19
Fitur lain : ABS, EBD, BA, ESP, Traction Control, Hill Assist, Rain Sensor, Auto headlamp, DRL, Dual Airbags, Front and Rear Sensor, Cruise Control, Auto AC, Bluetooth telephone
Harga : Rp 833,9 juta off the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
test drive peugeot rcz
#
peugeot rcz
#
peugeot
#
spesifikasi dan harga peugeot rcz