MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Mitsubishi Mirage Sport - City Hunter

AUG 07, 2015@12:24 WIB | 14,683 Views

Tambahan kata "Sport" memang seakan punya daya magis tersendiri untuk menyedot perhatian masyarakat Indonesia. Tak terkecuali tim Blackxperience.com yang begitu penasaran dengan Mitsubishi Mirage Sport.

Ini merupakan versi Sport dari Mirage yang sudah banyak lalu lalang di jalan-jalan dalam negeri sejak dua tahun belakangan. Dengan imbuhan Sport itu pula Mitsubishi ingin menjadikan Mirage Sport sebagai model yang punya sensasi lebih sporty.

Beragam tambahan aksesoris pun dijabani agar DNA Sport tadi tercapai. Pada bagian eksterior kami mendapati Mitsubishi Mirage Sport punya paras yang sedikit berbeda dari Mirage lainnya. Tambahan lip bumper spoiler dengan menu add-on, dan keberadaan Daytime Running Light (DRL) di dekat foglamp jadi penyebabnya.

Ubahan lain ada pada penambahan side sill, rear bumper lip, rear spoiler, side visor, velg berdesain 15 inci, serta body sticker bertuliskan Mirage Sport yang seakan jadi identitas resmi varian Mitsubishi Mirage Sport ini dibanding tipe Exceed, GLX, atau GLS.

Namun DNA Sport pada Mirage Sport ternyata tak sampai mengusik engine bay. Mesinnya tetap 1.2-liter 3 silinder DOHC MIVEC berkode 3A92. Mesin yang sama dengan varian Mirage lain ini tentunya menghasilkan output yang serupa juga, yaitu 77 hp dengan torsi puncak 100 Nm.

Well... Sensasi yang diberikan pun alhasil setipe. Gejala tenaga nge-lag di rpm rendah tetap ada, tetapi dengan sedikit tambahan tekanan pada kaki kanan, maka Mitsubishi Mirage Sport akan menawarkan kemampuan yang cukup untuk kebutuhan dalam kota.

Transmisi CVT yang dipakai juga masih tetap memberikan kenikmatan berkendara. Pada karakter mengemudi yang smooth, perpindahan gigi akan berlangsung dengan cukup halus. Namun ketika pedal gas diinjak lebih agresif maka akan terasa perpindahan antar giginya.

Mitsubishi Mirage Sport juga dilengkapi pilihan posisi B atau Brake pada tuas transmisi otomatisnya. Dengan menempatkan tuas transmisi di B, transmisi memberikan efek engine brake dengan menahan mesin di putaran lebih tinggi, tergantung bebannya saat itu, sehingga laju mobil tidak liar dan mudah dikendalikan. Mode transmisi ini sangat efektif dipakai ketika jalanan menurun atau saat darurat seperti terjadi pengereman mendadak.

Meski posisi duduk baik pengemudi maupun penumpang depan tak mengalami revisi, tetapi sentuhan gloss black pada center dashboard dan jok yang dilapis dengan bahan bermotif honeycomb memberikan nuansa sedikit lain jika dibanding Mirage tipe non Sport.

Efek dari pemakaian ban ukuran 15 inci dibanding 14 inci yang dipakai varian lain, grip ke aspal pada Mitsubishi Mirage Sport juga sedikit lebih baik. Beruntung penggunaan ban naik satu tingkat itu tak menghanyutkan kemampuannya bermanuver untuk meliuk di kejamnya traffic jam yang melanda kota besar seperti Jakarta dikala jam-jam kantor. [Pra/timBX]

Spesifikasi
Mesin
: 1.2-liter 3A92 DOHC MIVEC
Kapasitas : 1.193 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : electronic control multi point injection
Tenaga Maksimum : 77 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 100 Nm / 4.000 rpm
Transmisi : 4-Speed otomatis CVT
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas tangki : 35 liter
Panjang : 3.710 mm
Lebar : 1.665 mm
Tinggi : 1.500 mm
Sumbu Roda : 2.450 mm
Ground Clearance : 160 mm
Suspensi Depan : MacPherson strut with coil spring
Suspensi Belakang : Torsion beam with coil spring
Ban Depan : 175/55 R15
Ban Belakang : 175/55 R15
Fitur lain : ECO indicator, ABS, EBD, Dual SRS Airbags, Immobilizer, Halogen lamp, Daytime Running Light, Rear Parking Sensor
Harga : Rp 171,5 juta on the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
test drive mitsubishi mirage sport
#
mitsubishi mirage sport
#
mitsubishi