MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Daihatsu New Terios R Adventure

JUL 31, 2015@12:09 WIB | 24,854 Views

Kongsi antara Daihatsu dan Toyota di Indonesia memang bukan cuma Xenia-Avanza, namun terjadi pula untuk Daihatsu Terios yang punya versi Toyota-nya yaitu Toyota Rush. Terios-Rush mengalami beberapa kali proses make over seperti halnya Avanza-Xenia.
 
Seperti yang terjadi pada pertengahan 2015 ketika kedua SUV beda karakter ini dimunculkan versi terbarunya dengan ubahan yang cukup banyak. Kali ini kami hanya akan membahas tentang Daihatsu New Terios yang dipersembahkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Langkah revisi wajah yang dijalani agen pemegang merek (APM) Daihatsu di Indonesia pada Terios terbaru ini pun cukup bisa menyegarkan lagi sosok SUV tujuh penumpang yang telah lahir sejak 2006 itu.
 
Rombakan paling besar ada di bagian luar, parasnya kini memakai grill baru kombinasi antara garis horizontal beraksen chrome dengan unsur glossy black. Bagian ini sekarang juga dibuat menyatu dengan lampu utama yang turut tampil anyar. Lampu depan tersebut bukan cuma sudah menggunakan model projector tapi juga telah dilengkapi LED. Sukses terlihat jauh lebih modern dibanding Terios terdahulu.
 
Perubahan selanjutnya ada pada bagian bumper depan yang dibentuk ulang. Ada banyak lekukan dan unsur hitam yang membuat dari depan Daihatsu New Terios tampak lebih berisi. Pada bumper depan ditambahkan juga foglamp, dan tepat di samping kedua foglamp ada lampu LED. Uniknya, lampu LED ini bisa diaktif/non aktifkan melalui tombol di dashboard sebelah kanan. Ketika aktif, maka LED di lampu utama dan bumper bisa menjadi daytime running light (DRL).
 
Ok... Masih seputar tampak depan, jika diperhatikan, kap mesin kini memiliki dua "tulang" baru. Garis desain di bonet ini turut mempertegas karakter Daihatsu New Terios. Tepat di atas fender roda depan, Anda juga dapat menemukan aksen kisi udara yang dikelilingi lapisan chrome.
 
Geser ke bagian sisi, Daihatsu New Terios menggunakan velg baru walaupun dimensinya tetap R16. Kemudian di bagian bawah pintu diberi aksen serat karbon, walaupun sebenarnya bukan serat karbon sungguhan. Sedangkan khusus tipe Adventure, pada bagian bawah pintu penumpang belakang, dilekatkan pula emblem Adventure.
 
Beranjak ke bagian belakang, ubahan yang diterapkan ADM juga tetap tak sedikit. Bumper dibentuk seakan berundak dengan kombinasi hitam dan kelir senada bodi. Aksen hitam pun menempel sedikit di cover ban belakang yang sekarang desainnya diperbaharui. Sama seperti lampu depan, rear combination lamp juga pakai aplikasi lampu jenis LED plus mika bening.
 
Di dalam, layout dashboard memang tak berubah, tetapi Daihatsu kini menerapkan kembali tema warna glossy black untuk beberapa item, seperti di lingkar kemudi dan center dashboard. Dibagian tengah dashboard ini pula telah tersedia pusat multimedia bergaya tablet yang punya fitur lengkap termasuk DVD dan navigasi.
 
Hal berbeda lainnya yang ditemui pada Daihatsu New Terios yakni corak kain pelapis ketiga baris jok yang pakai kombinasi hitam dan merah serta jahitan kontras berwarna merah. Walaupun sebenarnya posisi duduk pengemudi, legroom, maupun headroom tetap sama dengan Terios sebelum model ini.
 
Sensasi berkendaranya pun tak berbeda. Mesin 1.5-liter berkode 3 SZ-VE dengan sistem DOHC VVT-i yang absen revisi membuat gapaian tenaga Daihatsu New Terios ini tak berubah dibanding Terios terdahulu. Demikian pula dengan pengendaliannya, masih tetap ada gejala limbung akibat bodi jangkung.  
 
Walau begitu, gorund clereance yang relatif tinggi tentu membuat Daihatsu New Terios tidak khawatir kala harus melintas di median yang kurang bersahabat. Terlebih lagi harga yang ditawarkan Daihatsu New Terios sedikit lebih rendah dibanding saudara kembarnya Toyota Rush yang hanya dapat menampung 5 penumpang. [Pra/timBX]
 
Spesifikasi
Mesin : 1.5-liter 3 SZ-VE DOHC VVT-i  
Kapasitas : 1.495 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : electronic fuel injection
Bore x Stroke : 72 x 91.8 mm
Tenaga Maksimum : 109 hp / 6.000 rpm
Torsi Maksimum : 145 Nm / 4.000 rpm
Transmisi : 5-Speed manual
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : gasoline
Kapasitas tangki : 45 liter
Panjang : 4.385 mm
Lebar : 1.745 mm
Tinggi : 1.740 mm
Sumbu roda : 2.685 mm
Ground Clearance : 200 mm
Suspensi Depan : Macpherson strut with stabilizer  
Suspensi Belakang : 5-link Rigid Axle  
Ban Depan : 235/60 R16
Ban Belakang : 235/60 R16
Fitur lain : 2DIN touch screen with DVD USB HDMI Bluetooth and GPS Navigation, Dual SRS Airbags, Anti-lock Brake System, Immobilizer, Rear Camera
Harga : Rp 229,3 juta on the road Jakarta

Tags :

#
closer look automotive
#
automotive
#
daihatsu new terios r adventure
#
daihatsu new terios r
#
daihatsu new terios
#
daihatsu terios
#
daihatsu