MENU
icon label
image label
blacklogo

Modif Ringan Versi Tomi Airbrush dan Merasakan Ketangguhan All New Ford Ranger

DEC 27, 2013@12:07 WIB | 3,539 Views

All New Ford Ranger merupakan satu dari beberapa produk keluaran PT.Ford Motor Indonesia yang hingga kini masih menjadi tulang punggung penjualan Ford. Tampil lebih modern, kendaraan ini sangat cocok untuk pekerjaaan sehari-hari namun juga cocok untuk rekreasi. Pada edisode BX Closer Look Automotive edisi terakhir di tahun 2013 ini,tim blackxperience.com coba menyakan pendapat dari salah seorang modifikator sekaligus pemilik rumah modifikasi Tomi Airbrush, yaitu Tomi untuk memberikan masukan mengenai modifikasi yang cocok untuk All New Ford Ranger agar terlihat semakin gagah dan sporty. Selain itu tim juga menjalani sesi tes drive untuk merasakan langsung ketangguhan All New Ford Ranger. Seperti apa tampilan visual All New Ford Ranger yang telah di modifikasi dan seberapa tangguh mobil Pick up tersebut melibas medan jalan, yuks mari kita simak ulasan singkatnya.

Sebelum mulai memodifikasi All New Ford Ranger, Tomi mengutarakan kalau tampilan dari salah satu produk Global Ford ini memiliki karakter yang tangguh dan bentuk body yang cukup besar. "Pertama-tama kalau saya lihat dari bentuk All New Ford Ranger tersebut bentuknya sudah sangat bagus, karena dia didesain dengan body yang cukup besar, dengan body yang sudah baik, dengan karakter-karakter body dan tulangan yang sudah cukup baik." Katanya

Pada kesempatan ini Tomi hanya fokus merubah tampilan eksterior saja. Memasuki tahap desain, Tomi memiliki perpaduan konsep modifikasi yang mengarah pada penampilan gagah, eye catching dan sporty. "Untuk merubah tampilan luar All New Ford Ranger lebih sporty dan lebih manis lagi pertama saya akan merubah dari body kit depan dengan sedikit sentuhan bentuk yang kesannya lebih sporty. Awal kita membuat konsep dari bemper depan yang kita tambahkan dengan fog lamp. Untuk gril bagian bawah kita rubah untuk memperbesar bentuk dari gril dan untuk bagian bawah dari lobang tersebut kita siapkan beberapa lobang angin dari bentuk tersebut untuk memaksimalkan pendinginan udara di dalam kabin mesin." Jelas Tomi

Untuk meyempurnakan konsep, tubuh mobil diganti dari awalnya berwarna Putih kini menjadi warna Orange, hal ini dimaksudkan agar mobil tersebut lebih menarik. Selain pergantian warna tubuh ditambahkan pula goresan warna-warna pilihan yang dapat dikerjakan dengan teknik Airbrush."Kita juga menambahkan sedikit konsep airbrush di body mobil tersebut untuk warna-warna yang sangat baik kami pilihkan warna kuning, putih merah dan lain-lain berwarna silver dan hitam untuk menambah tampilan di mobil tersebut supaya terlihat lebih sporty lagi dari sekarang ini." Jelas Tomi.

Nah, untuk meyeimbangkan tampilan depan, bagian belakang mobil turut dirubah , pada bagian ini Tomi coba mendesain penutup bak belakang lalu di kombinasikan dengan lips di bemper belakang dan ujung knalpot yang mengarah ke atas agar mudah melibas jalan berlumpur dan tergenang air. "Untuk bak belakang kita menambahkan penutup di bagian atas supaya terlihat konsep mobil ini lebih sporty. Kita juga menambahkan sedikit lips saja dan posisi knalpot memang sengaja kita rubah supaya dia bisa tampil lebih maksimal kita rubah sedikit ke atas dan untuk kabin bagian bawah memang kita gunakan plat supaya mampu menahan jika terjadi benturan yang diakibatkan oleh bebatuan atau jalan-jalan yang rusak." Jelas Tomi.

Untuk velg sendiri, Tomi merekomendasikan velg tipe racing agar menambah aroma sporty, "untuk velg depan dan velg belakang kami adopsi dari tipe velg racing, kenapa kita gunakan velg yang kesannya jari-jari agak full atau bisa di katakan dengan konsep semi mono blok, untuk velg tersebut sangat cocok dipasangkan di mobil double cabin khususunya untuk di ford ranger karena karakter mobilnya yang sangat besar sangat cocok sekali untuk velg yang berbentuk kuat untuk menunjang tampilan tersebut." Ungkap Tomi.

Nah itu dia tadi penjelasan singkat dari Tomi mengenai modifikasi ringan untuk All New Ford Ranger agar terlihat semakin gagah, tangguh dan sporty. Sekarang saatnya bedah All New Ford Ranger.

Dengan panjang 5351 milimeter dan lebar 1850  milimeter tampilan All New Ford Ranger lebih besar ketimbang model sebelumnya. Memancarkan kekuatan dalam gaya yang disebut para desainer sebagai "21st Century Tough", All New Ford Ranger tampil dengan ciri khas rancangan truk global Ford. Bagian depan Ranger menampilkan overhang pendek dengan gril tiga palang berlapis krom. Lampu depan, Kaca depan yang landai, lalu kaca spion lebar dan fender yang juga lebar mampu memberikan kontribusi penuh dalam menyatukan karakter kekar dan sporty.

Jika melihat bagian belakang tampak bak double cab yang sangat lebar sekitar 1560 mm memiliki kemampuan menampung banyak barang bawaan. Tak meninggalkan kesan mewah, pada bagian handel pintu bak telah di lapisi krom begitu juga dengan bemper belakang.

Memasuki bagian kabin seperti merasa sedang berada di sebuah mobil penumpang. Permukaan bangku  yang lembut ditambah tuas pengaturan posisi bangku dibagian depan seakan memberikan sinyal rasa nyaman. Sementara itu, bangku baris ke dua didesain dengan mengutamakan kenyamanan penumpang, bagaimana tidak Ranger Double cab ini diklaim punya kabin terlapang dikelasnya sehingga memiliki ruang kaki dan lutut yang cukup luas.

Kabin Ranger kini tampil lebih modern, ini ditunjukkan dari beragam perangkat terkini seperti layar informasi yang membantu pengemudi menjalankan beberapa fitur pintar mulai dari Bluetooth, USB, radio hingga voice comand. Lalu ada juga tombol pengaturan audio di tengah lingkar kemudi dan di temani oleh tombol  Cruise Control. Sejumlah tombol pengaturan suhu kabin, tombol pengunci pintu dan lain-lain tampak berderet di tengah dashbord, sedangkan konsol tengah diisi dengan tuas transmisi dan tombol pengaturan gerak roda.

Bicara soal peforma, Ranger dengan mesin 3.200 cc ini mampu meyemburkan tenaga 200 PS dan torsi 470 Nm. Tenaga yang dihasilkan dari kinerja mesin mampu didistribusikan secara merata pada setiap putaran, hmm jadi penasaran !.

Terlahir sebagai mobil dengan penggerak 4 roda alias 4WD, All New Ford Ranger benar-benar tangguh di medan jalan apapun. Saat tim BlackXperience.com mengetes kemampuan mesin bertransmisi manual ini, ada beberapa catatan yang diperoleh. Soal akselerasi, mobil tergolong lambat diputaran bawah. Tapi jangan tanya saat RPM berada diatas 2500. Power mesinnya sungguh terasa, bertenaga dan mampu diajak untuk kebut.

Kami juga sempat merasakan tenaga 4 rodanya dikawasan Tangerang. Sebuah lahan gusuran menjadi sarana kami melakukan sejumlah pembuktian. Tiga pilihan mode gardan yang disediakan mampu kami eksplor dengan baik. Saat medan tanah ringan cukup di 4H, seluruh roda bergerak. Pada mode ini perbandingan gigi atas menyerupai mode 2H. Sementara ketika roda hampir lebih seperempat terbenam di tanah, maka 4L menjadi solusi. Tenaga yang dihasilkan cukup besar, dengan perbandingan power mesin berada di gigi rendah.

Kami dapat menikmati handling dan manuver yang lebih baik di medan tanah ini ketimbang saat mengendarai di jalan raya. Pasalnya kami mampu menginjak pedal gas lebih "liar". Mobil tetap nyaman "ditekuk" 180 derajat dengan kondisi gas diinjak full, transmisi di gigi dua dan berada pada mode 4L. Hal lainnya yang dapat kami bagi yakni soal perpindahan transmisi tergolong halus di setiap giginya. Pada akhirnya, kami berpendapat mobil ini tangguh melibas jalan dengan kondisi apapun. Hanya saja soal ban standar pabrikan memang lebih pas digunakan untuk jalan raya beraspal. [san/nus/timBX]

Spesifikasi All New Ford Ranger 3.2L XLT

Tipe Mesin : Diesel Duratorq TDCi Hi-Power.
Kapasitas Mesin : 3198 cc
Transmisi : Manual 6-Speed.
Tenaga : 200 PS / 3,700 rpm.
Torsi : 470 Nm / 1750 rpm.
P x L x T : 5351 x 1850 x 1821 mm.
Ukuran ban dan velg : 265/65R17 Alloy.
Rem depan : Ventilated Disc with brake shields.
Rem belakang : Drum with brake shields.
Suspensi depan : Independent Double Wishbone with Coil Spring and
Stabilizer.
Suspensi belakang : Rigid Axle & Leaf Spring with Shock Absorber.
Sistem Audio : 1DIN /MP3/CD/Aux/Radio with 4 speakers & color matrix
display.
Fitur lainnya : Independent Double Wishbone with Coil Spring and
Stabilizer, Rack and Pinion with power steering system, Rear bumper,
Front fog lamps, Auto headlamps, Power foldable side Mirrors with
turning indicator, Rain sensing wipers, Central Lock, 6-way Manual
Adjustment Driver Seat, Large screen color matrix multi-function
display, Dual front airbags, Cruise Control, Bluetooth Voice Command,
Drive Mode Selector dial.

Tags :

#
closer look automotive
#
all new ford ranger
#
pt ford motor indonesia
#
tomi airbrush
#
tes drive
#
21st century tough
#
4wd
#
ford
#
ford ranger