MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Aplikasi Android Transfer File Kilat Manfaatkan Wi-Fi Direct

APR 01, 2015@12:51 WIB | 32,216 Views

Berbagi File besar antara perangkat Android tanpa internet memang agak memakan waktu, di mana Bluetooth tidak mampu menghadirkan koneksi yang stabil dan cepat. Transfer file kecil seperti musik dan gambar tidak akan terlalu bermasalah bagi Bluetooth, sayangnya bila yang dipindahkan file berukuran ratusan MB atau sampai GB tentunya akan memakan waktu berjam-jam. Di sinilah hadir fitur Wi-Fi direct yang memungkinkan kita untuk men-transfer dengan kecepatan 2-3MB per detik.

Normalnya fitur ini dapat digunakan dengan maksimal walau prosesnya rumit. Pengguna biasanya harus memasukkan kode tertentu atau bahkan harus transfer lewat jaringan Wi-Fi yang sama alias tidak langsung. Beruntung kini ada 3 aplikasi yang memudahkan proses transfer tersebut. Berikut ini adalah tiga aplikasi tersebut.

HitcherNet

Antarmuka

Aplikasi bertukar file secara kilat ini hadir dengan tampilan yang canggih dan terkesan gelap. Pada saat pengguna membuka aplikasi ini pertama kali setelah diinstal, pengguna disuguhkan tutorial sederhana penggunaan aplikasi yang cukup mudah dimengerti. Halaman muka memiliki tampilan yang sederhana namun praktis. Di pojok kiri atas terdapat tombol menu yang di dalamnya terdiri atas pilihan Home, Inbox, Outbox, Settings, dan Help.

Pilihan Inbox dan Outbox berisi file yang keluar dan masuk lewat aplikasi ini. Dalam pilihan Settings pun tidak banyak yang dapat di atur, hanyalah pilihan tempat dalam smartphone yang ingin dijadikan lokasi Inbox dan pilihan untuk mengganti nama perangkat. Setelah masuk pertama pengguna diminta untuk menyalakan koneksi Wi-Fi untuk menjalankan prosesnya.
 
Performa

Aplikasi ini mampu berbagi file tidak hanya pada satu pengguna saja namun banyak pengguna sekaligus. HitcherNet terbukti sangat praktis karena tidak perlu memasukkan kode tertentu atau harus melakukan pairin terlebih dahulu sebelum mengirimkan file. Saat kita coba untuk mengirimkan file berukuran besar, HitcherNet melakukannya tanpa kesulitan, di mana file film berukuran 800MB berhasil dilempar kurang dari waktu 5 menit saja.

Pada saat disimak proses transfer aplikasi ini, kecepatannya mencapai sekitar 50MB per detik. Walau naik turun namun performa ini masih terbilang kilat jika dibandingkan dengan koneksi lain seperti Bluetooth yang hanya beberapa MB per detik saja. Pengguna juga tidak perlu lagi memindai perangkat yang sudah pernah ditransfer setiap kali ingin mengirimkan file, karena aplikasi ini sudah mengingatnya.

Tidak hanya itu pengguna juga dapat mengirimkan tidak hanya satu tapi banyak file secara bersamaan pada perangkat yang sama ataupun berbeda. Aplikasi transfer file kilat ini dapat bekerja pada perangkat dengan versi Android 4.1 ke atas. Tertarik? Anda dapat mengunduhnya dengan mengikuti link di bawah.

Download HictcherNet

SuperBeam

Antarmuka

Urusan antarmuka, dari tiga aplikasi ini SuperBeam lah yang paling rumit dan rapi. Pada saat dibuka pertama pengguna juga disuguhkan dengan tutorial singkat penggunaan aplikasi ini. SuperBeam hadir dengan atmosfer lebih terang dibandingkan HitcherNet, pilihannya pun lebih banyak dan spesifik. Di pojok kanan atas terletak tombol menu utama yang berisi tutorial dan Settings. Tidak seperti HitcherNet yang sangart sederhana, SuperBeam menghadirkan pengaturan yang cukup lengkap termasuk pengaturan pengiriman menggunakan Wi-Fi atau Wi-Fi Direct, memasang password pada koneksi. Pengaturan penerimaan termasuk pemantauan proses pengiriman, tanggal penulisan data, dan notifikasi.

Pengaturan pemindaian juga tersedia, bahkan berikut pengaturan tema warna tampilan aplikasi. Layar home aplikasi ini terbagi atas dua bagian yakni kolom Send dan kolom Receive. Pada kolom receive terdapat pilihan transfer File and Folders, Audio and Music, Photos, dan Videos. Sedangkan pada kolom receive terdapat Scan QR Code, dan Enter Sharing Key untuk versi Pro, perangkat dengan koneksi NFC dapat memanfaatkan sambungan alternatif ini.

Performa

Tidak seperti aplikasi yang lain, proses pengiriman menggunakan SuperBeam sedikit berbeda yakni dengan terlebih dahulu memindai kode pengiriman pada ponsel pintar pengirim. Saat digunakan untuk mengirimkan file yang sama yakni film berukuran 800Mban, SuperBeam menampilkan kecepatan yang tidak jauh berbeda yakni rata-rata 40MB per detik. Sama seperti HitcherNet pengguna juga dapat mengirimkan banyak dan berbagai macam file secara bersamaan menggunakan aplikasi ini.

Tidak hanya itu, bila biasanya aplikasi menuntut aplikasi yang sama harus terinstal pada perangkat penerima, SuperBeam memungkinkan pengguna juga dapat mengirimkan file ke perangkat yang tidak menggunakan aplikasi ini. SuperBeam dapat berfungsi maksimal di perangkat yang berjalan di Android versi 2.3.3 ke atas. SuperBeam tersedia gratis di Google Play Store dengan versi pro dibanderol Rp 23.317. Anda dapat mengikuti link di bawah untuk mengunduhnya.

Download SuperBeam

WiFi Shoot

Antarmuka

Dari tiga aplikasi yang kita suguhkan, WiFi Shoot adalah aplikasi dengan tampilan dan fitur paling sederahana. Seperti biasanya, aplikasi ini juga menyuguhkan tutorial penggunaan yang cukup mudah dipahami. Pada layar home, pengguna diberikan informasi nama perangkat, mac address, status, dan perangkat lain yang tersedia. di pojok kanan atas kita bisa melihat tombol menu utama yang berisi, video tutorial, tutorial, bantuan, tanpa adanya pengaturan apapun.

Performa

Sesederhana tampilannya, WiFi Shoot tidak menghadirkan fasilitas pengiriman file dari dalam aplikasi melainkan langsung dari file browser atau dari galeri dengan mekanisme pengiriman yang sama seperti kita hendak mengirim file menggunakan bluetooth atau media lain. Cukup tekan dan share lalu pilih WiFi Shoot. Aplikasi ini secara otomatis akan mencari perangkat yang tersedia lalu bila perangkat tersebut siap, maka pengguna cukup tinggal menekan tombol "Shoot" dan seketika proses pengiriman akan berjalan.

Aplikasi ini tersedia gratis di Play Store, namun sayang versi gratisnya tidak dapat mengirimkan file berukuran besar, namu tentu pengguna dapat upgrade ke versi berbayarnya. Tertarik? Anda dapat mengunduhnya dengan mengikuti link di bawah.

Download WiFi Shoot

Inilah tiga aplikasi solusi jitu untuk berkirim file ukuran besar di perangkat Android lewat koneksi WI-Fi Direct. Mana yang terbaik? Anda dapat mencoba sendiri dan menentukan. Selamat mencoba. [leo/timBX]

 

Tags :

#
Closer Look Apps
#
Aplikasi
#
Android
#
Android Aplikasi
#
Wi-Fi Direct
#
HitcherNet
#
SuperBeam
#
WiFi Shoot