MENU
icon label
image label
blacklogo

Nova 13, Tuangkan Coretan Karya di Beragam Media

APR 02, 2018@15:00 WIB | 2,331 Views

Pertumbuhan custom culture di Indonesia memang tengah berkembang begitu pesat. Hal ini juga turut ditunjang dengan melesatnya industri kreatif tanah air.

Kali ini tim BlackXperience berkesempatan untuk bertemu dengan salah satu pegiat custom culture di Indonesia. Ia adalah Nova atau lebih dikenal dengan sebutan Nova Tigabelas.

Biasanya karya kustom kulture ini diterapkan pada media seperti tembok, helm, dan sebagainya. Namun  menariknya adalah, disini Nova menuangkan beragam kreativitasnya di bidang painting pada segala macam objek yang mungkin bisa dibilang tak lazim, semisal gergaji, gantungan kunci dan banyak lagi macamnya.

Penasaran seperti apa sosok kreatif satu ini, mari simak bincang-bincang eksklusif kami dengan Nova hanya di BlackXperience.com.

Otodidak

Nova mengaku sudah tertarik dengan painting sedari kecil. Lebih dulu ia banyak berkecimpung pada seni mural, hingga kini saat gencarnya kustom culture yang diterapkan pada media motor, Nova tertarik untuk mencoba berkarya pada bidang yang baru sekaligus melebarkan sayapnya.

Tidak hanya pada motor, Nova juga menuangkan karyanya pada aksesoris pendukung lainnya. Seperti helm dan jaket, tak luput dari coretan tangan dinginnya.

Untuk membuat karya yang banyak diminati seperti sekarang ini, Nova mengaku menghabiskan kurang lebih satu tahun. Menariknya, semuanya dipelajari secara otodidak.

“Belajarnya benar benar otodidak. Sering liat di YouTube atau sharing-sharing dengan teman artist lain. Sama coba-coba dipraktekin sih sambil belajar,” cerita Nova saat ditemui tim BlackXperience di workshopnya yang berada di bilangan Ciputat, Tangerang Selatan.

Menurut Nova, praktek menjadi bagian paling penting saat proses belajar yang ia lalui. Karena jika belajar tak diimbangi dengan praktek terus menerus akan menjadi hal yang sia-sia.

 Media yang Tak Lazim

Seperti yang sudah dibahas pada paragraf pembuka, coretan karya Nova tak hanya ditorehkan pada media-media pada umumnya. Namun juga dapat ditemukan pada objek yang mungkin tak lazim, seperti gantungan kunci, diecast, jaket kulit, bahan denim hingga alat gergaji.

Memang tak ada batasan dimana biasanya seni kustom kulture ini dituangkan. Meski mengaku sangat menyukai media kayu karena lebih natural, namun untuk saat ini Nova mengaku sedang sangat tertarik untuk berkarya pada bidang helm.

Menurutnya melalui objek tersebut, karya Nova dapat lebih banyak diminati banyak orang. Ditambah lagi tren helm custom yang memang kian menjamur di kalangan komunitas pecinta roda dua.

“Biar masyarakat bisa nikmatin. Karena orang pasti butuh helm ya dan juga karena anak motor banyak yang suka custom. Yaudah kita bikin lebih banyak di helm.” ujar pemilik akun Instagram @nova.tigabelas.

Bagi yang berminat dengan helm custom yang dibalut dengan karya buatan Nova bisa langsung memesannya dengan kisaran harga mulai dari 400.000 rupiah.

Budayakan Custom

Nova melihat perkembangan kustom kulture di Indonesia begitu pesat. Tentunya hal tersebut menandakan sinyal positif bagi mereka yang berkecimpung di dalamnya. Ia juga berharap bahwa sektor kreatif ini bisa terus melaju lebih jauh lagi.

Lebih jauh ia pribadi berharap dapat terus konsisten menelurkan karya-karya yang bisa disukai banyak orang. Terus berinovasi tanpa kenal henti.

Dengan terus berkembangnya dunia kustom kulture juga diharapkan Nova lebih banyak lagi orang-orang yang menyukai segala macam hal berbau custom.

“Harapannya  banyak orang makin menyukai custom, gak standaran. Membudayakan custom sejak awal, dari sejak dini,” tutup Nova. [Hlm/timBX]

Tags :

#
black icon,
#
nova 13,
#
custom culture,
#
nova