MENU
icon label
image label
blacklogo

Sudah Waktunya Pelaku Custom Painting Tampil di Barisan Depan

DEC 18, 2022@15:00 WIB | 391 Views

Bukti nyata seorang Nova Gunawan terlahir dari lingkungan yang membesarkan dirinya sebagai seniman dan builder.  Dirinya menginisiasi kelahiran event Jakarta Coret 2022 yang menggandeng 50 pegiat artisan mengembangkan karya hebat pada obyek berbasis part motor. Berlangsung di Carburator Spring Café, Jakarta Selatan pada 10 Desember lalu, kelahiran Jakarta Coret adalah part of scenario tumbuhnya kustom kulture yang makin semarak.

Di event Jakarta Coret ini, pegiat seni yang berkontribusi menghasilkan karya terbaik kebanyakan berada di ‘balik layar’ .  Kehadiran artisan custom painting yang mendukung skena custom tampil di koridor paling depan. Berbeda dengan acara Kustom Kulture lain yang menyajikan motor custom sebagai yang elemen utama, kegiatan ini akan didominasi oleh karya dari pelaku Custom Painting.

“Jadi di event merupakan wadah tampilnya teman-teman Pelaku Custom Paint, Kustom Graphics, Painter,  Pinstriper, dan Illustrator yang kami sebut sebagai Pelaku Grafis yang memiliki daya tarik tersendiri di skena Kustom Kulture. Acara Jakarta Coret ini mengedepankan karya dari Pelaku Grafis, dimana mereka memiliki peran yang cukup besar dalam menghiasi dunia Kustom Kulture,” jelas Nova Gunawan yang biasa disapa Nova13 sebagai salah satu penggagasnya.

Acara Jakarta Coret 2022 ini di gagas oleh Kuas Kastem Klan yang di wakili Oleh Nova Gunawan, ada Ones dari House Of peace (HOP) yang namanya tak sing lagi di dunia Graffiti Indonesia seluruhnya merupakan para pelaku atau artisan Grafis dan Fikri dari movement Gigs and Gas yang ikut membatu menjalankan event ini.

Kuas Kustom Klan merupakan sebuah pergerakan Kustom Painting kolektif yang kerap berpartisipasi pada kegiatan yang melibatkan gambar pada acaranya. Para artworker yang tergabung dalam Kuas Kustom Klan inilah yang awalnya berinisiasi membuat gelaran kustom kulture bertajuk Jakarta Coret 2022.

Nah, yang istimewa pada event Jakarta Coret merangkul seluruh artisan baik yang sudah punya jam terbang tinggi ataupun yang baru memulai menggeluti dunia painting. Makanya dalam event Jakarta Coret tidak hanya mendisplay karya, pergerakan ini juga ini sangat mengedepankan konten-konten sebagai program edukasi.   

Ada 5 destinasi yang bisa dilihat langsung di Jakarta Coret. Pertama  Lokakarya, Workshop yang mempertemukan pelaku grafis untuk saling berbagi kemampuannya berkarya dalam sebuah kelas.  Kedua Kasatmata, showcase pameran karya dari pelaku grafis yang dituangkan kedalam sebuah objek seperti helm. Ketiga Gambaroda, Showbikes pameran karya grafis dengan media sebuah motor custom. Keemapt Kuasama, live painting membuat karya selama acara berlangsung, akan ada kegiatan bersama dan perorangan dalam subjek ini. Dan Kelima Kata Karya, Talkshow diskusi oleh pelaku grafis mengenai segala aspek yang digunakan saat berkarya.

“Salah satu sudut venue kita sulap menjadi menjadi galeri yang menampilkan 30 karya artisan yang juga melibatkan seniman grafis dari luar Jakarta. Karya mereka ini ditorehkan dalam media gergaji kayu menampilkan kreativitas masing-masing,” lanjut Nova lagi.   

Tidak hanya itu Jakarta Coret juga ikut menggandeng event sejenis sebagai collective movement untuk ikut support.  Seperti Dip and Drag dari Bandung, Dragin Kolors (Sukabumi-Bogor), Solid Line dari Bali, dan Kustom Jurney juga dari Bandung. [Ahs/timBX]

Tags :

#
custom painting,
#
jakarta coret 2022,
#
nova 13,
#
house of peace,
#
movement gigs and gas,
#
kustom klan,
#
carburator springs