MENU
icon label
image label
blacklogo

Fahmi Freeflow, One of the Best Indonesia’s Pinstripper

FEB 12, 2018@14:00 WIB | 1,172 Views

Pinstripe adalah salah satu ragam seni lukis yang begitu erat kaitannya dengan custom culture. Seni lukis satu ini biasanya diaplikasikan pada media mobil atau motor modifikasi, meski tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan pada media lainnya.

Salah satu pinstripper ternama asal Indonesia yang karyanya telah diakui hingga mancanegara adalah Mochamad Syamsul Fahmi atau lebih dikenal dengan nama Fahmi “FreeFlow”.

Beberapa waktu lalu tim BlackXperience berkesempatan untuk menyambangi markas Freeflow Kustom Painting di Bandung, Jawa Barat. Tujuan utamanya tentu berbincang dan mengenal lebih dekat sosok Fahmi.

Banyak yang Fahmi ceritakan. Mulai dari awal mula menggeluti bidang pinstripe hingga mimpinya untuk menggelar event yang mempertemukan custom artist di seluruh Indonesia.

Kombinasi Passion

Dikenalnya Fahmi sebagai seorang pinstripper ternama Indonesia tentu tak langsung terjadi begitu saja, banyak proses yang telah dilaluinya. Bermula dari permintaan konsumennya yang ingin dibuatkan pinstripe, membuat Fahmi mencoba mempelajari pinstripe secara otodidak.

“Ternyata (pinstripe) memang pas dengan passion saya yang suka dengan sesuatu yang vintage.” tutur Fahmi.

Trial and error dilalui Fahmi tanpa mengenal bosan. Dengan terus mencoba, Fahmi menjelaskan akan ada perbedaan yang dirasa. Hingga akhirnya kini Fahmi mampu secara konsisten membuat pinstripe yang mengundang decak kagum.

Berbekal pengalaman dan passion dibidang art, Fahmi berusaha untuk menuangkan karyanya pada passion lain yang dimilikinya, apalagi kalau bukan motor modifikasi. Berkat kombinasi passion dari dalam dirinya inilah, akhirnya Fahmi membangun Freeflow Kustom Painting.

“Dari awal saya sudah mendeklarasikan bahwa Freeflow itu adalah custom painting.” jelas Fahmi.

Lewat Freeflow, Fahmi mengerjakan beragam projek painting. Tak hanya pinstripe, tapi juga mencakup lettering, mural dan lain sebagainya. Satu yang jadi komitmen dan tantangan tersendiri bagi Fahmi adalah membuat karya yang berbeda dari yang pernah ia buat sebelumnya.

Kaya Prestasi

Sembari terus berkarya, sejumlah prestasi tak hentinya turut menyambangi. Sejumlah karya Fahmi sudah berbicara banyak di event dalam ataupun luar negeri. Mulai dari gelaran otomotif yang ada di Melbourne, Texas, hingga ajang bergensi Yokohama Hotrod Custom Show, menjadi tempat untuk Fahmi memamerkan buah kreativitasnya.

Tiap tahunnya juga Fahmi dipercaya menjadi salah satu juri di salah satu event custom paint. Tentunya ini menjadi bukti bahwa karya-karya Fahmi begitu diapresiasi. Namun dari segudang prestasi yang diraihnya, ada satu prestasi yang menurutnya paling berbekas di hati.

“Paling berkesan pada tahun 2015 karya kita dapat award di Yokohama Hotrod Custom Show. Itu yang sampai sekarang terasa berkesan.” cerita Fahmi.

Rentetan prestasi ini tentu menjadi bukti, bahwa sesuatu yang dikerjakan dengan sepenuh hati pasti suatu saat nanti akan berbalas dengan prestasi.

Rencana Besar

Kedepannya Fahmi telah mencanangkan sebuah rencana besar bersama dengan Freeflow. Yakni menggelar sebuah event akbar yang mengumpulkan para custom artist dari seluruh Indonesia.

Karena menurut Fahmi, acara semacam ini biasanya dibarengi dengan event utama motor. Untuk itu Fahmi ingin membuat acara khusus dengan art dari custom culture sebagai menu utamanya.

Fahmi berharap, melalui ajang tersebut, ia bisa berkumpul dengan orang-orang dengan passion yang serupa dengan dirinya. Selain itu ajang tersebut dapat dijadikan wadah bagi mereka untuk memamerkan karya, sekaligus menjadi tempat untuk bertukar pengalaman dan ilmu.

“Ini yang menjadi salah satu obsesi saya berikutnya.” tutup Fahmi.

Menarik tentunya mengenal salah satu sosok pinstripper kebanggan Indonesia ini. Kita doakan bersama semoga mimpinya untuk mengumpulkan para custom artist di Indonesia dapat menjadi kenyataan. Sukses, Fahmi Freeflow! [Hlm/timBX]

Tags :

#
blackicon,
#
pinstripper,
#
fahmi,
#
custom culture,
#
freeflow,
#
seni lukis,
#
custom painting