MENU
icon label
image label
blacklogo

Tekrapod, Inovasi Keselamatan Renang

JUL 07, 2019@16:20 WIB | 242 Views

Ketika Anda melihat perenang danau atau lautan yang jauh dari pantai atau tepi darat, Anda pasti bertanya-tanya - apa yang terjadi jika mereka lelah, atau keram? Ya, ada perangkat pengapungan yang dapat mereka gunakan, meskipun beberapa di antaranya rumit.

Saat ini, perenang air terbuka kadang-kadang membawa semacam pelampung yang biasanya diikatkan  di bagian kaki mereka, atau mereka mengenakan perangkat tiup pada pelengkap seperti kaki atau lengan. Namun penggunaan alat keselamatan tersebut membawa permasalahan tersnediri. Pertama pengguna dapat terjerat sendiri kabel pengikat pelampungnya, sementara yang terakhir dapat membuat mereka merasa asimetris saat bergerak melalui air. Dengan keterbatasan ini, perenang dan insinyur Irlandia John Hanley menciptakan Tekrapod.

Tekrapod dirancang untuk mengeliminasi permasalahan di atas. Menampilkan bodi neoprene yang dilaminasi dan tali elastis yang dapat disetel, perangkat yang ramping tersebut diletakkan di bagian belakang pengguna. Jika mereka mendapat masalah, mereka hanya berhenti dan menarik toggle merah di bagian bawah. Melakukannya melepaskan kartrid CO2, yang mengembang menjadi pelampung keselamatan. Katrid itu nantinya dapat diganti dengan mudah jika terjadi kerusakan.

Perenang kemudian memegang kantung pelampung yang terapung untuk menjaga dirinya tetap mengapung di atas air. Pelampung itu pun tetap melekat pada ransel di belakan karena tertambat tali pengaman. Perenang kemudian dapat memberi tanda keberadaannya ke tim penyelamat dengan meniup peluit yang terpasang di pelampung, atau mereka dapat melanjutkan berenang dengan dibantu kemampuan pelampung tersebut. Begitu mereka sampai ke pantai, itu bisa dikempiskan dan dimasukkan kembali ke dalam backpack-nya, bersama dengan kartrid CO2 baru.

Untuk keamanan tambahan, strobo LED tahan air opsional dapat dipasang di bagian atas unit ransel, memperingatkan pelaut dan orang lain tentang keberadaan perenang.

Jika Anda tertarik, Tekrapod saat ini menjadi subjek kampanye Kickstarter. Hanya dengan menyumbang 94 euro (sekitar 106 Dolar Amerika), Anda dijamin mendapatkan sebuah Tekrapod  ketika mereka mulai diproduksi dan didistribusikan ke pasar luas. Harga eceran yang direncanakan nantinya adalah 135 euro (152 dolar Amerika).

[Ard/tim BX]

Tags :

#
tekrapod,
#
ocean swimmer,
#
kickstarter