MENU
icon label
image label
blacklogo

Taksi Listrik 'Terbang Vertikal' Pertama Di Dunia Akan Mulai Produksi

AUG 30, 2020@08:00 WIB | 252 Views

Start-up penerbangan Inggris Vertical Aerospace telah meluncurkan desain untuk VA-1X, pesawat Vertical Take-Off and Landing (eVTOL) bersayap listrik bersertifikasi pertama di dunia, yang dijadwalkan untuk penerbangan pada tahun 2024.

Pesawat bertenaga listrik, bebas emisi ini dirancang untuk mencapai kecepatan jelajah 150 mph dengan jarak tempuh hingga 100 mil. Dengan ruang untuk empat penumpang dan seorang pilot (plus ruang untuk bagasi). Tujuan dari taksi terbang yang mengubah permainan ini adalah untuk bertindak sebagai alternatif helikopter yang terjangkau dan ramah lingkungan, terutama untuk transfer bandara, yang bisa menjadi revolusi dalam kemewahan perjalanan dan ruang transportasi.

Dalam siaran pers baru-baru ini, Vertical Aerospace mengatakan bahwa titik harga tingkat awal untuk penerbangan komersial “diharapkan berada di antara penerbangan helikopter dan mobil pribadi dan akan menurun seiring dengan pertumbuhan adopsi”.

Selain membanggakan efektivitas biaya dan keberlanjutan, taksi terbang akan disertifikasi untuk memenuhi standar keselamatan penerbangan komersial dan 30 kali lebih tenang dari helikopter, serta perawatan sistem propulsi dan rotor terbuka yang besar. Selain itu, dengan bentuk aerodinamis dan lebar sayap 15 meter, taksi terbang VA-1X dapat lepas landas dan mendarat dari helipad yang ada, memungkinkan transisi yang mulus antara kedua alat transportasi tersebut.

Berkantor pusat di Bristol, Inggris, Vertical Aerospace adalah perusahaan pertama yang memperkenalkan teknologi F1 ke pesawat eVTOL dan salah satu dari sedikit perusahaan yang telah menerbangkan beberapa prototipe eVTOL.

Manufaktur akan berlangsung di Inggris dengan produksi prototipe dan jalur penerbangan akan dimulai pada 2021 dan produksi komersial dimulai pada 2023/2024 untuk sertifikasi pada 2024 dan layanan segera dimulai setelahnya. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
taksi listrik terbang,
#
taksi terbang pertama,
#
pesawat vertical,
#
evtol,
#
inovasi teknologi,
#
teknologi enovatif