MENU
icon label
image label
blacklogo

Seorang Pemuda Asal Rusia Berhasil Membuat Mobil Bertenaga Surya dengan Berbekal Bahan Seadanya

SEP 17, 2021@18:00 WIB | 347 Views

Seorang pria berusia 23 tahun menjadi viral di dunia setelah menunjukkan hasil karyanya kepada dunia, yaitu sebuah mobil bertenaga surya yang malah ironisnya disebut "Temnaya Faza" atau yang bisa diartikan sebagai "Fase Gelap". Tampaknya ide briliannya berawal dari keinginan Nikita Poddubnov untuk memiliki mobil listrik, seperti beberapa rekan kerja di tempat kerjanya dulu, sehingga ia tidak perlu merogoh kocek banyak untuk kebutuhan bahan bakar.

Mungkin jika dilihat, mobil Nikita terlihat seperti barang rongsokan, ya memang benar, karena semua part di mobil menggunakan barang barang "rongsok". Tidak ada suku cadang yang mahal di mobil ini, yang ada hanya rangka mobil aluminium buatan sendiri, roda dari skuter buatan Cina, motor listrik, dan panel surya. Temnaya Faza membutuhkan 200.000 rubel atau kurang dari $3.000 untuk membuatnya, dan bisa dilihat dari tampilannya, tapi yang penting adalah mobil ini bisa bekerja.

Mobil yang berbobot hanya sekitar 150 kg ini, memiliki panel 200 W di keempat sisinya, ditambah panel 400 W tambahan. Nikita mengatakan bahwa, dengan panel surya yang terisi penuh, ia mobilnya sanggup berkedara selama enam jam, dengan kecepatan 30 kph (18,6 mph). Memang, dibutuhkan sembilan jam untuk mengisi dayanya dan tentu saja, hanya pada hari yang bercuaca cerah saja "mobil DIY" ini dapat bergerak dalam mode tenaga surya penuh, selain dari itu, mobil ini bergerak dengan tenaga baterai.

Nikita punya rencana dan ambisi besar untuk ciptaannya. Pertama, dia tidak hanya ingin mengendarainya di sekitar lingkungannya saja, tetapi benar-benar berkendara sampai ke Asia Tengah dan Cina, dengan itu. Dia bahkan membuat aplikasi untuk ponselnya, sehingga dia dapat mengontrol beberapa fitur mobil dari jarak jauh, seperti lampu depan.

Pencipta Temnaya Faza ini mendokumentasikan semua pekerjaan yang dia lakukan di mobil, petualangan menyenangkan di jalan, dalam videonya. Ia mengakui bahwa “masih ada pekerjaan yang harus diselesaikan”, namun setidaknya proyeknya ini menjadi inspirasi, untuk para builder muda. [era/timBX] berbagai sumber. 

Tags :

#
solar powered car,
#
mobil bertenaga surya,
#
concept car,
#
mobil konsep