MENU
icon label
image label
blacklogo

Ameca: Robot Humanoid Yang Dapat Membuat Ekspresi Wajah Menakutkan

DEC 06, 2021@12:30 WIB | 285 Views

Engineered Arts, perancang dan produsen robot humanoid yang berbasis di Inggris, baru-baru ini memamerkan salah satu kreasinya yang paling hidup dalam sebuah video yang diposting di YouTube.

Robot yang disebut Ameca, ditampilkan dan membuat serangkaian ekspresi wajah yang sangat mirip dengan manusia. Di awal video, Ameca tampak "bangun", karena wajahnya menunjukkan campuran kebingungan dan frustrasi saat membuka matanya. Tapi ketika Ameca mulai melihat tangan dan lengannya, robot itu membuka mulutnya dan mengangkat alisnya yang terlihat seperti keheranan. Di akhir video, Ameca tersenyum dan mengulurkan tangan menyambut penonton.

Baca juga: The Novabot: Robot yang Dapat Membantumu Memotong Rumput dan Menjaga Rumah

Tapi sayang Ameca saat ini tidak berjalan, membalik, atau melakukan parkour seperti robot Atlas Boston Dynamics. Kita mungkin tidak akan melihat Ameca berjalan dan berbicara di antara kita dalam waktu dekat. Engineered Arts mengatakan bot saat ini tidak dapat berjalan, meskipun ia ingin memberikan kemampuan itu di beberapa titik. Mengenai apakah Ameca beroperasi menggunakan AI, Engineered Arts menjelaskan bahwa kemampuan AI diserahkan kepada pengembang, dan para pengembang hanya menangani bodi ultra-realistis.

Jika Ameca tidak cukup membuat Anda takut, Engineered Arts juga mengembangkan bot realistis lainnya, bernama Mesmer. Perusahaan mengatakan bahwa mereka menggunakan pemindaian 3D dari manusia yang sebenarnya untuk memberikan struktur tulang yang akurat, tekstur kulit, dan ekspresi wajah seperti aslinya. Dalam sebuah video yang diposting hanya beberapa hari setelah Ameca showcase, Mesmer membuat serangkaian ekspresi yang terlihat lebih meyakinkan, mengingat robot ini memiliki fitur kulit dan wajah yang lebih hidup daripada yang dimiliki Ameca saat ini.

Baca juga: LIMO: Bukan Mobil Mainan, Tapi Robot AI Multifungsi

Karena Engineered Arts berfokus pada pembuatan robot humanoid untuk hiburan, Ameca dan Mesmer kemungkinan akan menjadi pusat perhatian di tempat dan acara, daripada robot yang dirancang untuk melakukan pekerjaan tertentu atau mengambil alih seluruh pekerjaan umat manusia. Jika Anda ingin melihat Ameca dalam kehidupan nyata, Engineered Arts mengatakan itu akan dipajang di CES 2022 pada bulan Januari.[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
robot,
#
robot humanoid,
#
engineered arts,
#
ai,
#
robot ai,
#
ameca