MENU
icon label
image label
blacklogo

LIMO: Bukan Mobil Mainan, Tapi Robot AI Multifungsi

SEP 19, 2021@18:30 WIB | 313 Views

Meski ukurannya kecil, tapi inilah robot dengan kinerja AI yang tinggi.

LIMO, adalah multi modal mobile-robot buatan AgileX Robotics, perusahaan pembuat robot di China dengan ukuran 322 x 215 x 247 mm dan berat 4.2 kg.  Ditenagai NVIDIA Jetson Nano Processor, LIMO terlihat seperti mainan mobil, tapi lebih pintar dan fleksibel. Perbedaan dengan robot AI lainnya, LIMO memiliki empat mode kemudi yang bisa dipindahkan dalam beberapa menit, yaitu Omni Wheel, Four-Wheel Differential Steering, Ackermann Steering, dan Tracked Steering.

Baca juga: Tesla Bot, Robot Humanoid dari Tesla dengan Fitur AI

Mode Ackermann sama seperti kemudi mobil, menawarkan stabilitas dengan memungkinkan robot memutar roda dalam dan luar pada sudut yang dapat disesuaikan dengan kecepatan. Jika ingin LIMO berkoneksi dengan permukaan jalan lebih baik, mode tracked pilihan yang tepat. Sedangkan mode Four-Wheel Differential dapat bekerja di medan apa saja.

Beberapa fitur penting lainnya juga dimiliki LIMO. LiDAR pemindai 360 derajat, kamera inframerah, sensor performa tinggi, tampilan layar sentuh 7 inci, dan kontrol suara dengan mikrofon internal. Melalui LiDAR, LIMO dapat memetakan, menavigasi dan menghindari rintangan yang ada, serta bekerja dengan baik di kondisi gelap berkat kamera inframerahnya. Maka tak heran jika LIMO dapat melakukan parkir secara mundur dengan akurat, karena dapat mendeteksi objek, merencanakan rute dan lainnya.

Baca juga: Simak Tampilan eVTOL Pertama yang Tanpa Sayap

Sebagai AI, LIMO menggunakan ROS 1 atau ROS 2 sebagai program bahasa dimana dapat ditentukan dan digunakan sebagai mesin multifungsi. Saat ini LIMO masih sebagai subjek campaign dengan harga $9.300, tapi tenang saja Januari 2022, LIMO akan rilis dengan harga $1000.[geo/shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
limo,
#
robot ai multifungsi,
#
robot,
#
multi modal mobile-robot,
#
agilex robotics