MENU
icon label
image label
blacklogo

Tesla Bot, Robot Humanoid dari Tesla dengan Fitur AI

AUG 22, 2021@19:30 WIB | 294 Views

Produktivitas terhadap perkembangan teknologi dari berbagai belahan dunia memang tidak perlu diragukan lagi. Salah satu informasi menarik hadir dari CEO Tesla, Elon Musk.

Tesla dikabarkan telah menciptakan sebuah robot humanoid yang disebut Tesla Bot. Sedangkan operasionalnya berjalan pada AI dan sama digunakan oleh kendaraan otonom Tesla. Versi robot kurang dimunculkan fungsinya dengan tarian yang sedikit aneh dilakukan oleh seorang pemain berpakaian seperti Tesla Bot.

Pada Hari AI Tesla, Musk memberikan info detail tentang robot yang mirip Slenderman sehingga sedikit menyeramkan di luar slide PowerPoint. Robot berukuran 5 kaki 8 inci diperkirakan memiliki berat 125 pon dengan bahan yang dibuat ringan.

Di bagian kepala dilengkapi dengan kamera autopilot dan digunakan oleh kendaraan Tesla dalam merasakan lingkungan yang berisi layar untuk menampilkan informasi. Secara internal, teknologi ini beroperasi melalui komputer Full Self-Driving Tesla.

Dalam sebuah presentasi yang dilakukan oleh Musk, Penampilan robot muncul setelah presentasi 90 menit yang menjelaskan secara rinci tentang beberapa peningkatan kecerdasan buatan dalam menggerakkan kendaraan listrik Tesla, termasuk superkomputer Dojo. Fungsi dari teknologi ini membantu melatih mobil untuk menavigasi jalan-jalan kota tanpa bantuan manusia sehingga cukup masuk akal untuk memasukkannya ke dalam bentuk humanoid.

Baca juga: Silent Yachts, Produksi Kapal Mewah Tesla

Bukan hanya itu, Musk menjelaskan secara spesifik keunggulan dari robot jika dia dapat berlari lebih cepat dari Tesla Bot dan mengalahkannya. Musk menceritakan mengenai penggunaan robot sebagai senjata dan memperingatkan risiko yang mungkin ditimbulkan. Musk menyebut ini sebagai risiko terbesar yang dihadapi sebagai i sebuah peradaban

Keunggulan dari teknologi Tesla Bot, dia dapat menghilangkan tugas yang berbahaya, berulang, membosankan. Sebagai contoh Musk menjelaskan jika robot dapat disuruh pergi ke toko dan mendapatkan bahan makanan.  Jika dilakukan secara terus menerus, maka robot mungkin merasa jenuh dan berbahaya karena menganggapnya berulang dan membosankan.

Musk mulai membuat pernyataan berani tentang masa depan dan berbagi cerita mengenai pandangannya tentang masa depan dan sesuatu hal menarik yang akan terjadi kedepannya. Dalam pemikirannya, Tesla Bot mengubah masa depan pekerjaan. Jika dipikirkan secara mendalam kemungkinan ada pilihan mengenai pekerjaan fisik. Sebuah statement yang diberikan Musk adalah jika ingin melakukannya, bisa. Tapi kita tidak perlu melakukannya.

Faktanya bicara masa depan memang kita tidak akan pernah tahu seperti apa, namun ada kesenjangan besar antara memamerkan informasi yang diberikan dan kehadiran robot humanoid yang sebenarnya bekerja. Mungkin akan memakan waktu lama untuk menyesuaikan diri dan berbagi kegiatan dengan Tesla Bot. Tapi ini hanya pendapat Musk. tentang sebuah prototipe kemungkinan akan siap tahun depan.[prs/shf/timBX]

Tags :

#
tesla,
#
robot tesla,
#
tesla bot,
#
robot humanoid,
#
ai