MENU
icon label
image label
blacklogo

Panel Surya Atap Bakal Jadi The Next Killer Produk Tesla

OCT 30, 2020@08:00 WIB | 314 Views

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini banyak produk rumah sudah menjadi disisipi dengan fitur-fitur canggih yang membuat rumah tampak semakin simpel dan smart sesuai sesuai kebutuhan manusia yang semakin meningkat dalam standarnya. Salah satu produk untuk rumah atau bangunan yang mulai disisipi teknologi canggih adalah genteng atau atap rumah. Ya, kedepannya kita nanti disediakan produk genteng yang memiliki fitur tenaga energi cahaya matahari atau disebut dengan atap surya (Solar Roof). Dan produk genteng bertenaga surya ini bakal dibuat lebih canggih dan modern lagi, seperti yang tellah diungkapkan oleh Elon Musk, selaku CEO Tesla Corporation.

Tesla Corporation merupakan salah satu produsen besar dalam peralatan rumah atau gedung berteknologi tinggi. Baru-baru ini Tesla dikabarkan tengah bersiap-siap dengan menyewa pasukan pembuat atap. Selama konferensi pers akhir pekan lalu, sang CEO mengungkapkan bahwa mereka bakal segera meningkatkan genteng surya. CEO tersebut juga mengatakan bahwa ini akan menjadi 'produk pembunuh' yang jelas pada tahun depan. “Ketika Anda melihat-lihat lingkungan di masa depan, dekade dari sekarang, apa yang Anda inginkan? Produk apa yang akan membuat hidup Anda lebih baik? Masa depan apa yang kamu inginkan? Dan saya pikir masa depan di mana kita memiliki atap yang indah menghasilkan energi yang kuat dan tangguh dan lebih baik dalam segala hal daripada atap biasa dan hidup dengan energi, itulah masa depan yang kita inginkan. Solar Roof adalah produk pembunuh. Ini akan menjadi jelas tahun depan," kata Elon Musk.

Seperti yang dilansir Electrek, Tesla memang mengalami beberapa masalah dengan penerapan genteng surya. Masih ada beberapa kesulitan, tetapi Tesla mengatakan bahwa itu berbelok dengan penerapan yang dipercepat. "Total penggunaan tenaga surya meningkat lebih dari dua kali lipat di Q3 menjadi 57 MW dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, dengan penerapan Solar Roof hampir tiga kali lipat secara berurutan". Hal tersebut menegaskan poin sang CEO tentang pentingnya produk hanya akan diakui sepenuhnya tahun depan, Tesla tampaknya mempercepat perekrutan untuk memperluas kapasitas pemasangan genteng  atau atap surya.

Tercatat sudah ada lebih dari 200 posisi roofer terbuka di seluruh AS dan Tesla bahkan tampaknya bersiap untuk memperluas instalasi atap surya di Kanada - dimulai di Ontario. Bahkan baru-baru ini, Tesla mengubah jenis alas yang digunakan dengan genteng surya dan juga menurunkan harga produk tersebut.

Produk atap surya ini menarik dan memang menawarkan solusi untuk masalah - yaitu menggunakan tenaga surya di atap jika Anda membutuhkan atap baru. Kombinasi tenaga surya dan atap baru memang menawarkan keuntungan finansial yang kompetitif. Tidak benar untuk semua jenis atap pada saat ini, tetapi seperti kebanyakan teknologi baru, ini kompetitif dimulai dengan produk kelas atas. Dengan jenis perekrutan yang dilakukan Tesla saat ini dikombinasikan dengan fakta bahwa Tesla menyetujui perusahaan atap pihak ketiga lainnya untuk memasang ubin, saya dapat melihat mengapa Elon mengatakan bahwa itu akan menjadi produk pembunuh yang jelas tahun depan. Namun mereka perlu memperbaiki masalah pelayanan pemasangan yang mereka hadapi saat ini untuk bisa menjadi jauh lebih cepat dan baik lagi agar mendapat banyak perhatian konsumen di pasar global nantinya. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
panel surya atap,
#
panel surya tesla,
#
tesla,
#
inovasi teknologi