MENU
icon label
image label
blacklogo

Alat Pintar Untuk Merasakan Objek Virtual Secara Nyata

OCT 27, 2020@08:00 WIB | 258 Views

Salah satu masalah dengan realitas maya adalah Anda tidak benar-benar "merasakan" benda yang Anda sentuh. Artinya, meskipun secara visual pengalamannya imersif, masih ada beberapa kekurangan pada teknologi yang secara keseluruhan masih tidak menyambungkan antara apa yang Anda lihat dan apa yang Anda rasakan.

Namun, Microsoft telah menciptakan perangkat wearable yang cukup menarik yang memungkinkan pengguna merasakan berbagai hal di VR. Ini adalah satu set pengontrol pergelangan tangan yang dilengkapi dengan palu kecil yang terpasang di dalamnya. Artinya, setiap kali Anda mengambil item dalam pengaturan VR, palu akan berayun ke telapak tangan Anda, menyentuhnya dalam proses, sehingga membantu memberikan ilusi bahwa Anda menyentuh objek yang Anda lihat di VR.

Saat pengguna melepaskan item yang mereka pegang, palu akan terayun keluar dari telapak tangan pengguna. Dalam video demonstrasi Microsoft (lihat di atas), ini menunjukkan bagaimana ketika pengguna memetik apel dari pohon VR, palu diayunkan ke telapak tangan pengguna untuk memberi mereka umpan balik haptik dari memetik apel yang sebenarnya.

Palu dapat mendorong dirinya lebih jauh ke dalam telapak tangan pengguna dengan mengerahkan lebih banyak tenaga, sehingga memberi kesan kepada pengguna bahwa benda yang mereka pegang itu berat. Meskipun mungkin tidak selalu berlaku di setiap skenario VR, ini adalah aplikasi menarik yang semoga kita akan melihat lebih banyak pengembang VR yang disertakan di masa mendatang. [eli/asl/timBX]

Tags :

#
alat pintar,
#
clever gizmo,
#
inovasi teknologi