MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Calya-Daihatsu Sigra Kandas, Apakah Perlu Ganti Per?

MAR 05, 2018@17:00 WIB | 3,546 Views

Beberapa pengguna Toyota Calya-Daihatsu Sigra sudah mengganti urusan kaki-kaki mobil dengan ban dan pelek baru. Tujuannya agar mobil tidak kandas dan lebih “berasa” grip dan handling mobilnya.

Namun, ada juga pemilik Low multi purpose vehicle tersebut sengaja mengganti per belakang dengan menggunakan per dari  Toyota Etios, dan Suzuki Escudo. Alasannya simpel, yaitu per mobil tersebut lebih keras, dan tidak menyebabkan kandasnya duo calya-sigra itu. Selain itu, per milik Toyota etios dan Suzuki escudo hanya tinggal dipasangkan, karena ukurannya yang pas menurut beberapa anggota club calya-sigra.

Bagi pemilik Calya atau Sigra yang baru, mengganti per mungkin sangat disayangkan, karena akan menghilangkan garansi kedua mobil tersebut. Menurut Dolf Valentino, Kepala Bengkel PT Astra International Tbk-Daihatsu Pangeran Jayakarta, “Untuk mengganti per Calya-Sigra, harus memiliki spesifikasi yang sama, ukuran dan juga performa setara dengan yang digantikan.” Dengan begitu, pemilik duo Calya-Sigra sebaiknya mengkonsultasikan penggantian per kepada bengkel resmi sehingga diketahui mengenai harga dan pilihannya.

Akan Tetapi, jika tidak ingin mengganti per mobil karena takut kehilangan garansi, maka jalan yang terbaik adalah dengan menggunakan damper, atau karet ulir di pegasnya.  Karet atau damper ini berfungsi memgurangi amblas kendaraan saat muatan penuh, dan juga mengurangi efek limbung mobil, ketika berada di tikungan.

Dumper  banyak dijual di bengkel-bengkel mobil dengan harga variatif, yaitu sekitar 750 ribu sampai 900 ribu, tergantung ukuran dan performanya. Harga tersebut juga sudah termasuk ongkos pasang. Jika anda ingin memasang sendiri, cukup memberikan sabun di lubang damper agar mudah dipasang ke dalam per. [pram/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
per,
#
sigra,
#
calya