MENU
icon label
image label
blacklogo

Tips Untuk Mobil dan Pengemudi Selama Pandemi Covid-19

DEC 23, 2020@07:30 WIB | 736 Views

Tips pencegahan COVID-19 mungkin cukup banyak, bagaimana dengan tips mobil COVID-19? Nah, kami akan membahas panduan dan tips tentang mobil selama pandemi COVID-19 kali ini. Dalam ulasan ini panduan dan tips mobil COVID kami dibagi menjadi dua bagian, yakni tips perawatan mobilnya dan cara penggunaan mobilnya.

Perawatan Mobil

Mobil yang tidak digunakan dalam waktu lama dapat dengan mudah terinfeksi. Komponen mobil terdiri dari ribuan suku cadang dan sebagian besar harus dioperasikan secara rutin. Jika Anda diam dalam waktu lama, maka bagian tersebut bisa berkarat, macet, segel kering, dan lain-lain yang kemudian mengundang masalah yang lebih besar. Sebab, mobil yang disimpan dalam waktu lama perawatan tidak jauh berbeda alias sama dengan mobil bekas. Berikut beberapa tips mobil COVID selama pandemi saat ini;

Isi bensin

Pastikan bensin terisi penuh. Idealnya, masih menyisakan udara, atau sekitar dua pertiga dari kapasitas tangki. Bensin yang terisi penuh mencegah karat pada bahan bakar dan suku cadang mesin. Bensin juga akan menguap dan lebih cepat di negara dengan iklim tropis / panas. Selain itu, tentunya kita harus memastikan bahwa mobil tersebut siap digunakan dengan bensin yang tersedia untuk mengantisipasi hal-hal yang mendesak.

Baterai

Inilah salah satu bagian yang sering dikeluhkan pada mobil yang sudah tidak terpakai. Dalam beberapa minggu, daya listrik baterai akan melemah. Kita bisa merawat aki dengan rajin memanaskan mobil. Lebih baik lagi, tidak hanya memanaskan idle tetapi dibawa keluar hanya di sekitar kompleks. Selain itu, jika kita mau kita bisa berinvestasi dengan membeli charger baterai. Kalau memang kita yakin jarang bisa keluar pakai mobil, maka kita bisa lepas saja kabelnya.

Isi udara ban

Lama kelamaan tekanan ban bisa menyusut. Pastikan semua ban terisi udara dan lebih baik lagi tambahkan tekanan sekitar 5-10psi. Ubah rutinitas posisi parkir mobil, sedikit maju atau mundur. Ban yang terlalu senyap tidak bergerak lama bisa mempengaruhi bentuknya, apalagi jika tekanan udaranya kurang sempurna.

Perhatikan bantalan rem

Rem tangan yang terlalu lama dipakai berminggu-minggu bisa membuat kampas rem lepas dari pelat. Pasalnya, terlalu lama menempel, bantalan rem menjadi lengket di tromol.

Rutin cuci mobil

Jangan hanya karena tidak dipakai, mobil dibiarkan begitu saja tertutup debu dan kotoran. Apalagi mobilnya disimpan di luar. Mencuci mobil secara teratur membantu melindungi dan merawat cat mobil kita.

Penggunaan mobil

Seperti yang telah disebutkan di awal, penggunaan mobil di saat seperti ini sebaiknya dihindari. Lebih baik menggunakan sepeda motor. Kecuali ada yang mendesak atau baru keluar panas dan pulang kampung. Berikut beberapa tips mengemudi mobil COVID selama pandemi saat ini.

Ikuti seruan pemerintah

Jika tidak ada yang benar-benar mendesak, tidak perlu pakai mobil. Mobil untuk 4-5 orang hanya bisa digunakan maksimal 3 orang. Sedangkan untuk mobil berkapasitas 8 orang akan digunakan maksimal 4 orang. Penumpang di belakang, tidak ada yang bisa di depan.

Cuci tangan dan bawa hand sanitizer

Pengemudi dan seluruh penumpang harus mencuci tangan sebelum memasuki mobil. Jika Anda tidak bisa mencuci tangan, Anda harus menggunakan pembersih tangan. Begitu juga saat keluar dari mobil, cuci tangan kembali atau gunakan pembersih. Tidak hanya sekedar cuci tangan, ada baiknya setelah menggunakan mobil yang disemprot dengan disinfektan.

Gunakan masker

Tetap gunakan masker di dalam mobil, terutama jika mobil itu ruangan tertutup kecil. Apalagi ditambah dengan hembusan angin dari AC. Selain itu masker ini juga melindungi tangan kita untuk menyentuh hidung dan mulut.

Membersihkan suku cadang mobil yang paling sering disentuh

Beberapa bagian mobil adalah titik yang paling banyak disentuh, meliputi roda kemudi, tuas, rem tangan, roda gigi, tombol audio, power window, AC, gagang pintu, dan, sabuk pengaman. Maka itu, bersihkan bagian ini sebelum dan sesudah menggunakan mobil. Pembersihannya bisa menggunakan cairan pembersih yang sesuai dengan bahannya terutama kulit. Untuk vinil dan plastik, Anda bisa menggunakan air dan sampo. Gosok dengan sikat gigi lalu dengan kain mikrofiber.

Disinfektan interior mobil

Secara berkala diharuskan membersihkan bagian dalam mobil, terutama setelah menggunakannya beberapa kali untuk beraktifitas. Hati-hati dengan penggunaan disinfektan yang mengandung bahan alkohol tinggi karena dapat merusak interior khususnya bahan kulit. Gunakan disinfektan kimia khusus / fogging untuk interior mobil. Atau pilihan lain kita bisa membersihkannya secara manual menggunakan sampo mobil. [inn/asl/timBX]

Tags :

#
tips berkendara,
#
tips pengemudi,
#
tips mobil covid-19