MENU
icon label
image label
blacklogo

Tanpa Perlu ke Bengkel, Begini Cara Cek Mobil Pasca Mudik

JUN 22, 2018@17:00 WIB | 569 Views

 (Pengecekan mobil pasca mudik juga bisa dilakukan di rumah)

Tidak terasa libur lebaran telah usai. Buat Anda yang melakukan perjalanan mudik, pastinya sekarang Anda sudah meninggalkan kampung halaman, dan segera kembali menjalani aktivitas seperti biasa.

Bicara soal mudik, mungkin Anda adalah salah satu dari sekian banyak orang yang melakukannya via jalur darat dengan mobil pribadi. Jika iya, tentunya mobil Anda sudah menempuh jarak yang jauh, dan melewati berbagai macam kondisi jalan yang beragam.

 (Periksa kondisi ban pasca mudik)

Agar kondisi mobil bisa kembali normal seperti sedia kala, maka perlu dilakukan perawatan atau pengecekan ulang supaya kondisi tunggangan Anda jadi segar lagi. Untuk mengeceknya, Anda tak perlu repot pergi ke bengkel karena pengerjaannya bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Hal pertama yang perlu dicek adalah ban. Jika kondisi permukaan ban sudah tidak mulus, disarankan untuk menggantinya karena jika dipertahankan, itu bisa berakibat fatal terhadap keselamatan Anda.

 (Beberapa komponen pada mesin mobil tak boleh luput dari pengecekan)

Sekarang buka kap mesin mobil Anda. Kalau tak begitu paham dalam urusan mengoprek mobil, ada beberapa hal mudah yang bisa Anda cek di ruang mesin. beberapa hal mudah yang bisa Anda lakukan sendiri antara lain adalah mengecek volume air aki, level air radiator, level minyak rem, volume oli, volume air wiper, dan kondisi busi.

Hal vital lain yang tak boleh luput dari pengecekan adalah kondisi kampas rem. Jika sudah tipis, maka komponen yang stau ini harus segera diganti demi menghindari potensi rem blong.

 (Segera ganti kampas rem jika komponen ini sudah tipis)

Mengerti masalah kaki-kaki? Jika iya, periksalah kondisi sokbreker dan suspensinya. Untuk hal yang satu ini, kalau terdeteksi ada kebocoran, mau tak mau anda harus membawanya ke bengkel untuk memperbaiki atau mengganti sokbreker dan suspensinya.

Kalau memang ada kebocoran di bagian sokbreker dan suspensi, jangan lupakan juga untuk memeriksa komponen kaki-kaki lainnya seperti tie rod, long tie rod, dan ball joint.

 (Komponen kaki-kaki juga tak boleh luput dari pengecekan)

Andai kata salah satu dari komponen itu sudah dalam kondisi yang kurang baik, lebih dianjurkan untuk menggantinya agar kenyamanan mobil anda bisa kembali ke level terbaiknya. [APSG/timBX]

Tags :

#
cek mobil,
#
perawatan mobil,
#
pengecekan mobil,
#
auto tips