MENU
icon label
image label
blacklogo

Sayangi Power Steering Dengan Perlakuan Seperti Ini

APR 05, 2018@17:00 WIB | 426 Views

Zaman sekarang, rasanya tidak ada mobil baru yang tidak menggunakan power steering untuk sistem kemudinya. Karena dengan power steering, kegiatan mengemudi jadi terasa lebih santai dan tidak cepat membuat lelah.

Ngomong-ngomong soal power steering, komponen ini terbagi atas dua jenis, yakni hidrolik dan elektrik. Jenis yang disebut terakhir adalah yang paling banyak digunakan oleh mobil-mobil keluaran baru.

Terlepas dari apapun jenisnya, tentu saja power steering juga memerlukan perlakuan dan perawatan, agar komponen ini bisa mencapai usia pakai yang panjang.Memperlakukan dan merawat power steering sejatinya tidaklah sulit. Bahkan, bisa hanya dilakukan melalui pemakaian dengan cara yang benar.

Contohnya, jika mobil Anda masih memakai power steering hidrolik, maka ketika berbelok, Anda tidak perlu untuk memutar setir sampai mentok/habis. Jika hal tersebut dilakukan, maka itu dapat membuat kerja pompa power steering jadi makin berat.

Selain itu, saat memarkir mobil, pastikan ban selalu berada di posisi yang lurus. Ini perlu dilakukan agar pompa power steering tidak langsung bekerja keras kala mesin dihidupkan.

Lalu jika mobil Anda sudah menganut power steering elektrik, jangan biasakan untuk memutar atau menggerakkan setir jika mobil sedang dalam keadaan diam. Sebab, beban terbesar motor power steering elektrik ada pada momen tersebut.

Masih untuk perawatan power steering elektrik, jangan lupa untuk mengecek wheel alignment dan balance ban secara berkala, dan tekanan angin juga jangan sampai kurang.

Tujuannya agar motor listrik tidak bekerja terlalu berat untuk memutar setir, serta perhatikan juga karet boot as roda. Segera ganti kalau baret boot sudah robek atau rusak. [APSG/timBX]

Tags :

#
power steering,
#
power steering hidrolik,
#
power steering elektrik,
#
auto tips