MENU
icon label
image label
blacklogo

Radiator Mobil Bocor Di Tengah Jalan? Begini Cara Urgent Menanganinya

FEB 15, 2022@12:30 WIB | 457 Views

Berkendara dengan mobil memang dinilai lebih nyaman ketimbang naik motor, apalagi saat kalian berpergian jauh atau cuaca tidak mendukung. Tapi ingat, jika kalian berkendara harus siap dengan segala kemungkinan yang mungkin bisa saja terjadi.

Salah satu masalah yang kerap dialami yaitu overheat alias suhu mesin panas yang disebabkan radiator tak berfungsi normal alias bocor. Kalau masalah ini terjadi tak jauh dari rumah atau bengkel sih tak terlalu pusing, tapi bagaimana jika posisi jauh dari rumah dan tidak ada bengkel radiator.

Nah untuk itu, kalian bisa nih simak beberapa tips dari tim BX untuk cara urgent menangai radiator mobil bocor di tengah jalan.

1. Parkirkan mobil di tempat yang aman, cari sumber kerusakan atau kebocoran

Jika sedang asyik nyetir tiba-tiba kalian melihat temperature mobil menunjuk pada ‘H’ alias Hot, segeralah meminggirkan mobil dan cari tempat parkir yang aman.

Setelah mendapat tempat parkir aman, bukalah kap mesin dan perhatikan dengan seksama dimana pusat kerusakan atau kebocoran radiator. Ingat! Jangan membuka tutup radiator pada kondisi mesin panas karena berisiko memuncratkan air panas yang dapat melukai badan kalian. 

2. Setelah mengetahui sumber kerusakan, lakukan cara urgent menanganinya

Jika kalian sudah mengetahui sumber kerusakan tentukan cara apa yang akan kalian lakukan. Misalnya kebocoran terjadi pada selang radiator, kalian bisa menanganinya dengan melilitkan karet ban dalem bekas yang bisa kalian dapatkan di bengkel tambal ban sekitar.

Berbeda hal jika kebocoran pada kepala radiator, kalian harus sedikit bekerja ekstra. Tunggu sampai radiator benar-benar dingin dan segeralah membeli lem besi. Campur dan aduk dengan rata lalu oleskan di titik bocor yang sudah kalian bersihkan terlebih dahulu. Diamkan selama 15-20 menit, lalu isi ulang air radiator dan pastikan sudah tak ada kebocoran lagi.

3. Bawa air cadangan sebanyak mungkin

Jika memang kalian benar-benar diposisi kurang menguntungkan jauh dari bengkel tambal ban atau toko material, sebenarnya mobil masih bisa dijalankan dengan cara menjinakkan radiator yang sedang ‘ngamuk tadi. 

Pastikan kebocoran berasal dari bagian atas radiator (slang bagian atas, kepala radiator atau tutup pengisian radiator). Kalau kerusakan berasal dari bagian bawah radiator atau sisa air radiator ada indikasi terkontaminasi oli (efek pelangi), mau tak mau menunggu bantuan datang, karena dipastikan kepala silinder melengkung dan oli merembes ke jalur air.

Bermodal air kran yang ditampung ke dalam botol plastik air mineral, isi radiator yang sudah mengering tadi hingga air keluar dari pusat kebocoran. Lanjutkan dengan mengguyur seluruh kisi jalur air radiator alias sarang tawon radiator dengan air hingga dingin cara ini dapat membantu mobil kalian melaju sampai titik temperatur kembali ‘H’ sekitar 1-2 kilometer.

Dalam jarak 1-2 kilometer tadi (bila beruntung bisa sampai 3 kilometer), usahakan sowan ke SPBU, restoran atau masjid untuk refill botol yang sudah kosong. Sehingga saat mesin minta didinginkan seperti cara pertama tadi, persediaan air selalu ada. Tapi perlu diingat, tiga cara ini adalah langkah urgent menanganinya. Bila anda sudah sampai rumah atau menemukan bengkel, jauh lebih baik untuk melakukan service radiator agar hasil maksimal dan dapat melakukan perjalanan dengan nyaman dan aman Black Pals! [aziz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips mobil,
#
radiator