MENU
icon label
image label
blacklogo

Persiapkan Beberapa Hal ini Saat Hendak Mencuci Sepeda Motor

AUG 11, 2020@17:30 WIB | 471 Views

Mencuci sepeda motor secara rutin akan membuatnya terlihat selalu bersih dan menjaga bagian-bagian tertentu senantiasa terjaga kondisinya. Tentu Anda tak perlu mencuci sepeda motor setiap hari, namun merawatnya dengan rutin akan membuat kondisi sepeda motor tetap bersih dan rapi.

Lain halnya dengan mobil yang bagian-bagian pentingnya tertutup, sepeda motor yang lebih terbuka lebih mudah terkena kotoran jalanan yang dengan mudah dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Karena itu, walau proses mencuci mobil mirip dengan mencuci sepeda motor, tapi ada perbedaan kecil yang perlu diperhatikan.

Untun mencuci sepeda motor dengan rutin, Anda tidak perlu antri bukan, jika Anda bisa mencucinya sendiri lebih konsisten. Jadi, Anda bebas menentukan waktunya kapan sepeda motor mesti dicuci dengan rutin. Dilansir dari The Drive, inilah cara mencuci sepeda motor:

Dasar Mencuci Sepeda Motor

Bagi pemula, yang paling utama adalah mengetahui dasar-dasarnya. Pertama, lama waktu mencuci sepeda motor cukup setengah jam. Dengan durasi tersebut bagian eksterior sepeda motor dipastikan sudah bisa bersih.

Perhatikan Keamanan Saat Mencuci

Selanjutnya, perhatikan keamanan saat mencuci. Mencuci sepeda motor itu tugas sederhana dan berisiko rendah, tapi jika kurang hati-hati bisa berisiko juga. Karenanya, pastikan tidak ada sabun, lilin, detailer, atau kotoran yang mengenai mata, mulut, atau bengkak luka (jika ada). Disarankan mengenakan sarung tangan (boleh sarung tangan nitril) jika ingin tangan Anda bersih dari bahan kimia.

Hal-Hal yang Dibutuhkan untuk Mencuci

Menggunakan barang yang salah, misal lap piring atau sabun cuci piring untuk membersihkan sepeda dapat merusak cat. Ada banyak opsi proses pembersihan, masing-masing memiliki tujuan berbeda, menggunakan bahan kimia berbeda, harus diterapkan secara berbeda, dan bereaksi unik terhadap berbagai bahan. Selalu baca petunjuk tentang pembersih yang digunakan.

Soal peralatan yang dibutuhkan, beberapa bisa dibeli dengan harga murah, bahkan sebagian hanya perlu sekali beli dan bisa digunakan untuk mencuci selanjutnya. Hal ini juga sangat membantu meningkatkan efektifitas mencuci sepeda motor berikutnya.

Adapun alat-alat yang Anda butuhkan antara lain : selang air, dua ember, dua dirt traps (semacam perangkap kotoran), sarung tangan cuci mobil Microfiber, handuk Microfiber, Motorcycle Cleaner (pembersih), sikat roda (jangan gunakan alat pembersih roda ini pada badan kendaraan), kuas kecil, dan pembersih plexiglass.

Siapkan dan atur serapi mungkin peralatan-peralatan tersebut kemudian simpan di tempat yang mudah dijangkau dari tempat mencuci sepeda motor. Sehingga Anda dengan mudah dan efektif ketika akan mencuci. Penting juga diketahui, pilihlah tempat mencuci di area datar supaya hasilnya maksimal. [asl/timBX]

Tags :

#
cara cuci sepeda motor,
#
cara mencuci motor,
#
sepeda motor,
#
tips driver