MENU
icon label
image label
blacklogo

Pergi Liburan, Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Motor Di Rumah

DEC 29, 2022@17:00 WIB | 198 Views

Akhir tahun adalah saat yang tepat untuk liburan. Saat liburan, beberapa Blackpals pasti meninggalkan sepeda motornya di rumah, bahkan dalam jangka waktu yang cukup lama.

Meninggalkan motor dalam waktu yang cukup lama tentu akan berpengaruh pada kinerja motor. Agar motor tidak bermasalah jika digunakan kembali saat sudah balik liburan, beberapa hal berikut mungkin ini bisa diterapkan agar motor tetap di performa terbaiknya setelah didiamkan cukup lama:

1. Gunakan standar tengah atau paddock

Motor dengan standar samping saat tidak terpakai dalam jangka waktu lama akan menyebabkan kebocoran pada suspensi depan. Lalu bagaimana dengan motor sport yang tidak memiliki standar tengah?

Bagi pemilik motor sport, bisa menggunakan standar model paddock. Standar model paddock ini bisa digunakan baik di roda depan, belakang, atau bagian tengah seperti di motor trail.

2. Lepas aki motor

Jangan lupa untuk mencabut aki di motor. Tujuannya adalah untuk menghambat arus listrik ketika motor tidak menyala dalam waktu yang lama. Cukup cabut kabel arus negatif saja di aki motor. Tujuannya adalah untuk mempertahankan arus listrik yang masuk ke motor tetap terjaga.

3. Cuci motor sebelum ditinggal liburan

Selanjutnya yang perlu dilakukan sebelum motor ditinggal liburan adalah dengan mencucinya hingga bersih. Hal ini bertujuan untuk menghindari karat, kebocoran pada seal suspensi, serta cat yang memudar akibat motor terlalu kotor dalam jangka waktu yang lama saat dalam kondisi diam.

4. Isi BBM hingga penuh

Sebelum meninggalkan motor, ada baiknya mengisi tangkinya sampai penuh. Tujuan dari mengisi BBM hingga full tank adalahi untuk menghindari potensi karat dalam tangki BBM saat motor tidak digunakan dalam waktu yang lama. [fdlh/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips,
#
motor,
#
liburan,
#
paddock,
#
bbm,
#
cuci motor,
#
rumah,
#
sepeda motor