MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Aman Mengangkut Sepeda Motor Anda Untuk Bepergian

OCT 15, 2021@19:30 WIB | 450 Views

Mungkin Anda tidak bisa mengendarai sepeda motor Anda kemana-mana, terkadang Anda harus mengangkutnya.

Ada beberapa cara untuk melakukannya, tergantung pada jenis kendaraan yang Anda miliki. Semua sama-sama aman jika dilakukan dengan benar. Tetapi jika Anda belum pernah melakukan ini sebelumnya, berikut rekomendasikan untuk memastikan Anda melakukannya dengan benar. Ini dia tips lainnya.

Pilih Metode Anda

1. Trailer Sepeda Motor

Pertama, Anda harus memilih antara trailer terbuka dan tertutup. Trailer tertutup melindungi sepeda Anda dari elemen (dan menambahkan lapisan perlindungan pencurian), tetapi karena lebih berat dan kurang aerodinamis daripada opsi terbuka, mereka bisa lebih sulit untuk ditarik. Pastikan trailer Anda memiliki plat nomor, yang bisa Anda lacak keberadaanya. (Jika Anda menyewanya, itu akan datang dengan pelat.) Untuk memuat sepeda Anda, gunakan gerbang ramp yang dapat dilipat atau ramp pemuatan standar.

2. Pengangkut Sepeda Motor

Metode ini cocok dengan kendaraan Anda dan memiliki ramp yang terintegrasi ke dalamnya atau dilengkapi dengan ramp terpisah. Periksa kapasitas penarik dan peringkat mobil Anda untuk "berat lidah", gaya ke bawah dari lidah pengangkut ke halangan kendaraan penarik Anda, untuk memastikan ini adalah pilihan yang layak. Keuntungannya adalah tidak ada roda dan trailer; tidak ada yang menyentuh tanah. Pilih saja model yang ditinjau dengan baik, karena "beberapa bisa sedikit goyah".

3. Truk pickup

Gunakan metode ini hanya saat mengangkut sepeda motor trail, ini berpotensi lebih berbahaya dengan sepeda yang lebih berat. Untuk mendapatkan sepeda, Anda harus membeli sistem ramp. Gunakan dua atau tiga tanjakan, dan pastikan mereka ditambatkan ke kendaraan. Anda dapat menggunakan tenaga mesin sepeda untuk meningkatkannya, atau Anda bisa meminta bantuan dari “sekelompok orang kuat” untuk membantu mendorongnya.

Baca juga: Tata Cara Penggunaan dan Perawatan yang Benar Pelindung Helm Sepeda Motor

Ikat Sepeda Motor Anda

Bagaimanapun Anda mengangkut sepeda Anda, metode pengikatannya kira-kira sama.

- Pertama-tama, gunakan chock: alat yang akan menahan sepeda motor di tempatnya dengan roda depan. Jika Anda tidak memiliki chock, Anda mungkin memerlukan orang lain untuk menyeimbangkan sepeda saat Anda saat mengikat sepeda motor.

- Dengan chock, Anda hanya memerlukan dua tali untuk mengikat sepeda jalanan, tetapi menggunakan empat (dua di setiap sisi) akan memberi Anda keamanan ekstra. Pastikan untuk mendapatkan tali pengikat berkualitas dari toko sepeda motor atau toko khusus.

- Hubungkan tali pengikat ke lantai di kedua sisi sepeda, lalu pasang ke bagian sepeda yang sehat secara struktural. Tempat terbaik untuk mengikat sepeda jalanan adalah braket yang menahan pasak kaki penumpang.

- Pastikan semua tali pengikat dikencangkan dan diperpanjang ke bawah dan sedikit ke depan dari sepeda.

- Sebelum pergi ke mana pun, Parks mengatakan, "pegang setang dan dorong sepeda ke belakang dan ke depan dan dari sisi ke sisi untuk melihat seberapa amannya."

Saat Berkendara

- Setelah Anda berada di jalan, berhentilah sekitar 20 atau 30 menit dalam perjalanan Anda untuk memastikan tidak ada yang mengendur. Jika sudah, sesuaikan kembali.

- Selalu mengemudi lebih lambat dengan trailer terpasang daripada biasanya, dan pastikan untuk berbelok lebih lebar.

- Saat Anda sampai di tujuan, turunkan sepeda dengan melakukan langkah-langkah di atas secara terbalik.

[shf/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
cara aman,
#
tips,
#
cara aman mengangkut sepeda motor,
#
sepeda motor,
#
mengangkut sepeda motor