MENU
icon label
image label
blacklogo

Pahami Cara Menanjak di Jalanan Ekstrim

MAY 14, 2018@17:00 WIB | 954 Views

 (Perlu trik khusus untuk melewati tanjakan di jalan yang buruk)

Anda pasti setuju kalau kondisi jalanan di Indonesia ini masih belum sepenuhnya mulus. Sebagai bukti, masih banyak jalanan rusak, berlubang, bergelombang, dan tidak rata yang kita temui setiap hari.

Semua kondisi di atas tidak hanya terjadi pada jalan raya yang lurus saja, banyak tanjakan atau turunan curam yang keadaannya juga demikian. Kondisi tersebut tentu saja bisa membahayakan para pengendara mobil yang kurang waspada.

 (Cara ini pastinya juga berlaku saat bermain off-road)

Kalau sudah menemui tanjakan atau turunan curam dengan kondisi seperti itu, tentunya Anda tak boleh asal melewatinya begitu saja, ada trik yang harus Anda ketahui agar Anda bisa melewati jalan itu dengan aman dan selamat.

Saat melewati tanjakan curam dengan permukaan yang tidak rata, saat menanjak, Anda harus membelokkan sedikit setir ke kiri dan kanan, tergantung dengan kondisi permukaan tanjakan yang sedang dilewati. Hal tersebut juga perlu dilakukan saat melewati turunan curam dengan permukaan yang tidak rata.

 (Melewati turunan yang permukaannya tidak rata juga ada triknya)

Cara tersebut perlu dilakukan dengan tujuan untuk meminimalisir kemungkinan mobil terbalik jika mobil tidak kuat menanjak. Sementara saat turun, selain untuk menghindari potensi mobil terbalik, cara itu juga perlu dilakukan agar saat mobil sudah kembali ke jalan yang lurus, maka bumper depan tidak membentur jalan.

Lantas bagaimana jika tanjakan atau turunan yang dilewati memiliki permukaan yang mulus? Jika begitu, maka kita masih bisa melewatinya secara vertikal alias lurus terus tanpa perlu membelokkan sedikit setir ke kiri dan kanan. [APSG/timBX]

Tags :

#
menanjak,
#
cara menanjak,
#
turunan,
#
auto tips