MENU
icon label
image label
blacklogo

Mengenal Fitur Kunci Mobil, Teknologi dalam Genggaman

MAY 03, 2018@17:00 WIB | 3,027 Views

Laju perkembangan teknologi otomotif dewasa ini semakin melesat. Hal tersebut pun linear dengan kecanggihan kunci atau remot mobil, yang fungsinya tak hanya untuk buka tutup pintu saja (locking system). Beberapa manufaktur memberikan fitur lebih untuk memberi keamanan dan kemudahan konsumen, plus menjadi nilai jual mobil itu tersendiri.

(Perkembangan teknologi kunci mobil sangat pesat demi keamanan konsumen)

Salah satunya adalah kehadiran remot mobil yang ditanami microchip (berbeda tiap mobil). Nah cara kerja microchip ini dapat mengirimkan sinyal pada sistem kelistrikan mobil untuk perintah tertentu. Berikut ini adalah informasi seputar kecangggihan kunci tersebut.

Kunci Honda Civic 1.5 L Turbo

Pada Honda Civic, terdapat fitur Remote Engine Start yang bisa digunakan untuk menyalakan mesin mobil. Bagaimanakah caranya? Pastikan dulu keadaan tuas transmisi pada posisi P dan pintu kendaraan dalam kondisi terkunci.

Tekan selama empat detik tombol yang berbentuk lingkaran pada remot. Posisinya terletak di bawah tombol buka pintu sebelah kiri. Fitur Remote Engine Start berfungsi dengan tanda mesin yang menyala. Jika Anda hendak masuk ke dalam kabin, harus menekan tombol unlock terlebih dahulu.

Namun, jika anda lupa atau tidak menekan tombol start/stop engine dalam waktu 10 menit, maka mesin mobil akan mati kembali. Untuk menyalakannya Anda perlu mengulangi langkah yang pertama dan mobil akan menyala kembali.

(Beragam fitur pada kunci mobil tersemat, untuk membantu pemakainya)

Remot Wuling Confero

Banyaknya kasus pencurian mobil menjadi perhatian Wuling Motors dalam membesut sistem keamanan mobil. Mereka menyematkan fitur alarm berikut immobilizer yang terhubung dengan kendaraan. Menariknya lagi, kunci Wuling Confero dapat digunakan untuk membuka keempat jendela mobil dan membuka kunci pintu bagasi. Pabrikan menyebutnyafitur open window and trunk remote.

(Kunci Mercedes-Benz seri C 300 sudah menggunakan remot jenis keyless)

Remot Mercedes-Benz C300

Mercedes-Benz seri C 300 sudah menggunakan remot jenis keyless. Nah remot pada kendaraan C-Class ini bekerja dengan dua sistem yaitu sinar infra merah dan frekuensi radio. Remot ini dapat digunakan untuk membuka pintu, bagasi dan membuka dan menutup jendela mobil.

Betul, pada remot memang tak tertera logo jendela. Namun ternyata sangat mudah untuk membuka ke empat jendela dari luar mobil. Cukup tekan tombol yang terdapat simbol buka kunci (pojok kiri) sekitar tiga detik. Jendela akan terbuka dan Anda bisa menyesuaikan levelnya, bergantung pada lama Anda menekan tombol.

Untuk menutup kembali pun sangat mudah. Tekan tombol tutup kunci (paling atas) selama beberapa detik. Maka keempat jendela pun tertutup dengan sendirinya. Terakhir, terdapat pula tombol untuk membuka bagasi pada bagian pojok kanan. (alx/timBX)

Tags :

#
kunci mobil,
#
kunci wuling,
#
kunci honda,
#
kunci mercedes,
#
keyless