MENU
icon label
image label
blacklogo

Memahami Angka-angka yang Tertera di Pelek Mobil

JUN 27, 2018@14:00 WIB | 2,666 Views

 (Pelek mobil)

Mengganti pelek adalah salah satu cara yang paling ampuh untuk membuat tampilan mobil jadi lebih menarik. Walau memang harus diakui, anggaran yang dibutuhkan untuk mengganti pelek tidaklah bisa dibilang sedikit.

Kalau Anda berencana untuk mengganti pelek mobil, ada baiknya untuk mengetahui makna dari angka yang tertera pada pelek, agar Anda bisa menemukan ukuran pelek yang pas untuk mobil Anda.

 (PCD berada di bagian tengah pelek)

Biasanya kode pelek terletak di bagian dalamnya. Sebagai contoh, ada sebuah pelek yang memiliki kode 9 x 20, 5x120, dan ET +20. Angka 9 pada rangkaian 9 x 20 merupakan lebar pelek dalam satuan inci. Sementara angka 20 adalah diameter pelek dalam satuan inci. Jadi, pelek tersebut memiliki diameter 20 inci dan lebar 9 inci.

Lantas, rangkaian kode 5x120 adalah PCD (Pitch Circle Diameter) dengan penjelasan seperti berikut. Angka 5 merupakan kode untuk menunjukkan jumlah baut, dan 120 merupakan jarak antar lubang baut roda pada pelek dalam satuan milimeter (mm). Artinya, pelek tersebut memiliki 5 lubang baut dengan PCD 120 mm.

 (Contoh offset pelek yang mengarah ke luar)

Sementara Kode ET merupakan ukuran offset pelek. Offset adalah untuk menunjukan seberapa besar permukaan tengah velg menjorok ke dalam atau ke luar. Jika dudukan baut pelek berada tepat di tengah-tengah antara bibir luar dan bibir dalam, berarti pelek tersebut memiliki offset 0.

Jika posisi dudukan baut pelek lebih menjorok ke luar, berarti pelek memiliki offset positif. Sebaliknya, jika posisi dudukan roda cenderung ke dalam, berarti negatif. Dengan begitu, kode ET +20 mengartikan posisi dudukan baut roda pada pelek bergeser ke luar sejauh 20 mm. [APSG/timBX]

Tags :

#
pelek,
#
pelek mobil,
#
kode pelek,
#
ukuran pelek,
#
auto tips