MENU
icon label
image label
blacklogo

Kunci Motor Suka Lepas Sendiri Saat Jalan? Awas Hilang, Intip Ini Tips Perbaikannya

FEB 14, 2022@17:30 WIB | 405 Views

Meski saat ini mulai tenar motor berfitur smart key system (Keyless) alias tanpa anak kunci, masih banyak juga motor-motor yang menggunakan anak kunci konvensional.

Salah satu keluhan yang paling sering dirasakan yaitu anak kunci yang lepas atau jatuh sendiri saat di jalan. Iya kalau ketahuan, kalau enggak kan hilang jadi perkara deh. Rupanya hal ini enggak hanya sering dialami di motor-motor berumur saja, motor baru pun tak menutup kemungkinan dapat mengalami hal tersebut. Nah biar enggak hilang di jalan, boleh intips tips sederhana untuk mencegah kunci motor lepas sendiri.

1. Pastikan rumah kunci motor dalam kondisi baik

Hal ini dalam arti rumah kunci motor kalian tidak bekas dirusak atau sudah doll. Jika permasalahan utama adalah anak kuncinya kalian bisa memasang tali pada gantungan kunci lalu disangkutkan ke spion atau bagian yang aman untuk menghindari kunci jatuh dan hilang.

2. Balut anak kunci dengan sealtip keran air (berwarna putih)

Trik ini mungkin bisa dibilang sangat sederhana, namun dari berbagai informasi yang kami dapatkan cara ini berdampak cukup signifikan. Dengan melapisi anak kunci dengan sealtip putih, otomatis mata anak kunci yang sudah mulai aus akan sedikit terisi kembali. Jika hal tersebut masih terjadi, kalian bisa melapis sampai dua atau tiga kali ya.

3. Cara terakhir, pakai kunci cadangan / duplikat kunci / atau ganti kunci kontak anda

Jika dua cara tersebut dinilai kurang mujarab alias tak membuahkan hasil kunci motor anda tetap ngeloss, kalian mau tidak mau harus melakukan cara ini. Pertama, jika kalian masih menyimpan kunci cadangan kalian bisa menggunakannya atau mengduplikat kunci utama. Lain hal jika semua cara tersebut tak berhasil, kalian harus merogoh kocek lebih dalam untuk mengganti sepaket kunci motor kesayangan kalian. [aziz/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips motor