MENU
icon label
image label
blacklogo

Kondisi Aki Mobil Anda Drop, Begini Cara Mengatasinya

NOV 20, 2019@14:26 WIB | 244 Views

Suatu waktu BlackPals mungkin pernah menyalakan mesin mobil, namun mesin tidak mau menyala. Kemungkinan terbesar aki mobil mati, karena aus tanpa disadari. Cara terpenting yang diambil adalah bagaimana anda membypass aki mobil yang sehat untuk membantu menyalakan kembali mobil Anda BlackPals, dan itu bisa hanya dalam hitungan menit mobil Anda bisa menyala lagi, namun bagaimana kelanjutannya apakah bisa dipertahankan kesehatan baterai mobil Anda?

Pertama kita harus mengetahui penyebab baterai mobil mati. Cukup jarang bila mobilitas mobil Anda berjalan setiap hari, kemudian aki rusak, karena kerusakan lebih banyak terjadi sebab mobil terlalu lama terparkir di garasi. 

Bila umur aki Anda sudah uzur, bisa dipastikan waktu untuk charge lebih lama, atau biasa dengan bantuan baterai portabel sejenis power bank dengan output jumper aki. Langkah selanjutnya, adalah kurangi beban aki, selain untuk kebutuhan utama seperti menghidupkan mesin. Lampu aksesoris, dan lampu interior bisa saja menguras daya baterai yang mulai mengendur.

1. Persiapkan Kabel Jumper

Untuk mobilitas harian ke kantor, atau turing keluar kota, ada baiknya anda harus punya kabel jumper. Ukuran kabel berdiameter 4-6 dengan panjang  3-6 meter. Jenis kabel ini relatif tahan lama dan tingkat panjangnya memungkinkan menjumper aki lebih fleksibel, karena semakin dekat, semakin sedikit tahanan arus dan muatan arus lebih besar.

2. Hubungkan Kabel Jumper dengan Aki dalam Kondisi Mesin Mati

Saat Anda sudah menemukan relawan yang bersedia membantu menjumper mobil Anda. Langkah selanjutnya adalah dekatkan mobil dengan mobil relawan yang sehat akinya. Buka plastik pelindung aki, dan hubungkan posisi kabel hitam ke posisi negatif, dan kabel merah ke posisi positif, lakukan dalam keadaan mesin mati dan hindari bersentuhan antara dua clamps.

Hubungkan kabel jumper ke aki mobil relawan, dengan teknik yang sama. Pastikan relawan membantu memasangkan kabel ke aki mobilnya dan cara ini lebih mudah. Saat clamp terhubung dengan terminal baterai, pastikan segala kerak kotoran benar-benar bersih, guna memastikan koneksi berjalan tanpa hambatan.

3. Nyalakan mobil dengan aki sehat

Saat arus sudah mengalir melalui kabel jumper, coba nyalakan mobil yang akinya mati. Jika memang daya listrik terhantar dengan baik mobil akan menyala. Namun bila tidak, itu berarti butuh waktu untuk mencharge baterai mobil lebih lama. Jika gagal mengisi mungkin Anda membutuhkan baterai portable.

Saat mobil sudah menyala, mulai lepaskan kabel jumper. Pastikan clamp positif dan negatif tidak bersentuhan, lepaskan kabel hitam terlebih dahulu.  Kemudian diikuti dengan clamp jumper merah. 

4. Pasangkan Wizard Fire Ultimate untuk recovery baterei

Langkah terakhir setelah mobil menyala, mungkin kejadian tersebut tidak ingin terulang di kemudian hari. Kami menyarankan untuk memasang Wizard Fire Ultimate, secara fungsional meningkatkan angka CCA (Cold Crangking Ampere). Jika kondisi baterai anda sudah udzur, itu berarti kemampuan CCAnya dan kesehatan aki (SOH) sudah mulai melemah.  

Fungsinya lebih ke stabilizer accu, yang juga mempengaruhi konsumsi BBM, tarikan throttle, lampu lebih terang dan mempengaruhi ECU untuk memaksimalkan kinerja injektor, sistem pompa bahan bakar dan sensor penting lainnya. Beberapa testimoni menyebutkan kesehatan aki (SOH) yang ngedrop hanya 30% persen bisa ditingkatkan seiring penggunaan harian hingga angka kesehatanya naik ke 60%. 

"Wizard Fire Ultimate tidak bekerja pada aki yang mati total. Namun untuk aki yang kesehatannya masih di range 30%, bisa dioptimalkan hingga ke 60% berkat penggunaan Wizard Fire ultimate," tutur Ferry dari PrimesAsia distributor utama Wizard Fire Ultimate. Harga dipasaran satu unitnya mencapai Rp2,6 juta dengan garansi dua tahun untuk mobil 2500 cc dan pastikan transmisi mobil anda otomatis atau manual agar lebih fungsional. [Ahs/timBX]

Tags :

#
jumper aki,
#
mobil ngadat,
#
aki drop,
#
kabel jumper,
#
wizard fire ultimate