MENU
icon label
image label
blacklogo

Keselamatan Berkendara Dimulai dari Pengereman yang Benar

MAR 18, 2018@14:00 WIB | 344 Views

Dalam kegiatan berkendara, kita pasti sering melakukan pengereman, baik itu untuk berhenti ataupun mengurangi kecepatan kendaraan yang kita kendarai.

untuk melakukan pengereman, kita memang hanya perlu untuk menginjak pedal rem. Namun, jika hanya sekadar menginjak pedal rem, maka itu bukanlah cara pengereman yang benar dan aman.

Karena jika kita melakukan pengereman dengan hanya sebatas menginjak pedal rem, maka itu dapat menimbulkan bahaya seperti mobil menabrak, bahkan terbalik.

Maka itu, penting bagi kita untuk kita mengetahui cara melakukan pengereman yang benar agar kita bisa terhindar dari potensi bahaya.

Teknik pengereman yang benar adalah saat mengerem, kita tidak boleh langsung menginjak pedal rem dengan keras dan dalam. Karena jika teknik seperti itu dilakukan, maka itu dapat mencelakakan tidak hanya diri kita sendiri, tapi juga pengendara lain yang ada di sekitar kita.

Jadi, teknik pengereman yang benar adalah, kita harus menginjak pedal rem secara progresif alias perlahan. Begitu kita melepas pedal gas dan kaki kita berpindah ke pedal rem, maka begitu menginjak pedal rem, kita harus menginjaknya pelan-pelan.

Setelah laju kendaraan mulai berkurang, barulah kita boleh menginjak pedal rem lebih dalam lagi agar mobil bisa berhenti dengan lebih cepat.

Berbeda dengan teknik pengereman yang harus dilakukan secara gradual, kalau kita mau melepas rem, maka kita boleh langsung melepasnya saja. [APSG/timBX]

Tags :

#
rem mobil,
#
pengereman,
#
auto tips