MENU
icon label
image label
blacklogo

Kenali Lebih Dalam Soal Jenis-Jenis Minyak Rem

APR 13, 2018@17:00 WIB | 612 Views

Baik dan cepatnya pengereman sebuah mobil tidak hanya tergantung pada teknologi rem mobil tersebut, atau tingkat keahlian mengemudi si pengendara.

Satu hal yang sangat berpengaruh terhadap performa pengereman sebuah mobil adalah minyak rem. Jika volume dari komponen ini sudah kurang dan kita tidak segera mengisinya, tentu nantinya kita akan mengalami hal yang tidak kita inginkan.

Oleh karena itu, sangat pernting untuk selalu mengecek volume minyak rem dan menggantinya bila sudah diperlukan agar pengereman selalu bisa dilakukan secara optimal. Tapi ingat, penggantian minyak rem tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Sebelum menggantinya, maka Anda harus mengetahui dulu jenis minyak rem yang paling cocok untuk mobil Anda. Sebab, minyak rem tidak hanya terdiri dari satu jenis.

Jenis-jenis minyak rem terdiri dari DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Kalau mobil Anda dasarnya sudah memakai minyak rem DOT 3, maka jangan asal menggantinya dengan yang DOT 4.

Kenapa begitu? Karena meskipun minyak rem DOT 4 memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dari DOT 3, tapi jenis minyak rem tersebut belum tentu cocok dengan spesifikasi rem setiap kendaraan.

Sebaliknya, untuk mobil yang bawaannya sudah memakai minyak rem DOT 4 masih bisa memakai minyak rem DOT 3. Tapi, hal ini hanya boleh dilakukan jika sedang dalam keadaan darurat saja.

Lalu bagaimana dengan minyak rem DOT 5? Biasanya, minyak rem jenis ini digunakan untuk kendaraan militer seperti kendaraan tempur dan sejenisnya. {APSG/timBX]

Tags :

#
minyak rem,
#
dot 3,
#
dot 4,
#
dot 5,
#
auto tips