MENU
icon label
image label
blacklogo

Jangan Asal Pilih Warna, Ketahui Hal Ini Sebelum Membeli Mobil

NOV 24, 2020@14:30 WIB | 368 Views

Setiap model mobil yang beredar di pasaran, tersedia dalam berbagai pilihan warna menarik. Dalam dunia otomotif, warna merupakan cara efektif untuk menunjukkan kepribadian pemiliknya. Semakin banyak varian warna tentu membuat Anda makin leluasa memilih warna favorit, namun ini juga membuat proses pengambilan keputusan lebih sulit.

Berikut beberapa hal yang wajib Anda pertimbangkan ketika memilih warna mobil.

1. Hitam

Dikenal sebagai warna umum, elegan, dan general tak terbatas situasi, mobil dengan warna hitam ternyata patut diwaspadai. Dalam studi yang dilakukan oleh Monash University, hitam merupakan warna paling berbahaya dengan tingkat kecelakan paling tinggi. Kendaraan dengan eksterior hitam 12 persen lebih mungkin mengalami kecelakaan mobil daripada mobil putih, yang diyakini sebagai pilihan aman.

2. Abu-Abu dan Perak

Tipe warna ini adalah pilihan populer yang ternyata juga memiliki persentase kecelakaan yang lebih tinggi. Masih dari studi Monash University, mobil berwarna abu-abu dan perak masing-masing 11 persen dan 10 persen lebih mungkin mengalami tabrakan. Visibilitas merupakan faktor utama yang berkontribusi pada kemungkinan kecelakaan. Pilihan warna di atas, nyatanya tak jauh berbeda dengan mobil berwarna hitam.

3. Biru

Warna biru juga menjadi salah satu warna umum untuk mobil. Kendaraan ini memiliki kemungkinan kecelakaan lebih rendah dengan peluang 7 persen tabrakan, mengacu pada mobil putih sebagai yang teraman. Itu karena warna biru terang tampak menyatu dengan langit, dan biru gelap tampak menyerupai hitam di malam hari.

4. Merah

Meski visibilitas adalah variabel penting dalam tingkat kecelakaan, namun mobil bereksterior merah tampak sebagai pengecualian. Harus diakui warna merah memang cerah, namun penelitian menemukan bahwa mobil merah memiliki resiko lebih tinggi untuk kecelakaan mobil.

Mobil merah menonjol di cuaca hujan, berkabut atau bersalju. Tetapi, ketika berkendara di malam hari, mobil ini tampak menyatu dengan lampu lalu lintas, lampu rem dan jenis lampu jalan lainnya.

5. Hijau

Mirip dengan kasus mobil berwarna merah, hijau juga dikenal sebagai warna terang. Tetapi ini bisa saja menyatu dengan pepohonan, rerumputan dan lampu lalu lintas. Apalagi ketika Anda berkendara di ruang terbuka dengan banyak latar hijau.

6. Kuning

Saatnya beralih ke warna cerah yang aman untuk dibawa berkeliling, itu adalah mobil bereksterior kuning.  Kendaraan dengan warna ini mudah menonjol dalam berbagai kondisi berkendara. Maka tak heran, bila banyak angkutan umum tampil dengan warna kuning yang mencolok.

7. Putih

Untuk pilihan warna mobil teraman, jatuh pada warna putih.  Mobil ini sangat terlihat dalam berbagai kondisi berkendara, entah itu malam hari atau siang hari, baik di kota atau pedesaan. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips beli mobil,
#
trik beli mobil,
#
tips memilih warna mobil,
#
tips mobil