MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Mobil Berumur Panjang? Ikuti 6 Tips Perawatan Sederhana Ini

OCT 30, 2020@14:00 WIB | 509 Views

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi turut berdampak pada kendaraan pribadi, seperti mobil, yang usia pemakaiannya jadi lebih panjang. Selain itu, ini juga turut dipengaruhi oleh perawatan pengguna.

Siapa sangka, perawatan mobil yang baik akan membawa Anda pada sejumlah keuntungan. Diantaranya meningkatkan keamanan pengguna, meningkatkan performa mobil, menambah nilai jual, mencegah dari perbaikan berongkos besar, serta meminimalisir kerusakan mendadak ketika Anda bepergian.

Oleh karenanya sebagai pemilik kendaraan, sudah sewajarnya mengetahui perawatan mobil yang baik untuk memperpanjang masa pakai. Berikut daftar tips perawatan mobil yang wajib Anda ketahui.

1. Baca Buku Manual

Informasi perawatan mobil mungkin bisa didapatkan dari beberapa orang, namun itu belum tentu sesuai dengan kendaraan Anda. Oleh sebab itu, sebelum membawa kendaraan untuk perawatan tak ada salahnya membaca buku manual terlebih dahulu. Sehingga Anda memiliki pengetahuan dasar ketika sesuatu dilakukan pada kendaraan.

2. Ketahui Arti dari Lampu Indikator

Meski  jarang diperhatikan, lampu indikator adalah sistem pengingat yang mudah dikenali bila Anda benar-benar mengetahui fungsinya. Misalnya lampu mesin servis di dasbor, lampu indikator kerusakan, lampu peringatan rem, lampu peringatan cairan pendingin, dan banyak lagi. Benar-benar membantu, bukan?

3. Ganti Oli Pertama

Penggantian oli mobil pada umumnya dilakukan ketika mencapai 5.000 mil, tetapi, tidak demikian halnya untuk ganti oli pertama. Apabila itu adalah kendaraan baru, maka pastikan Anda harus mengganti oli setelah 50 atau 100 mil. Dan berlanjut sesuai rekomendasi yang disarankan.

4. Pertahankan Putaran di Bawah 3.000 rpm

Ini karena ring piston perlu saling mengunci dengan lubang silinder dengan kencang. Ingatlah bahwa ring piston diperlukan mencegah kebocoran oli dan jika Anda terlalu banyak memutar mesin, Anda dapat mengganggu keseluruhan proses mesin.

5. Kecepatan 50 – 80 km/jam

Banyak orang tergoda untuk menguji kecepatan dan merasakan sensasi akselerasi mobil baru mereka. Sah-sah saja apabila melakukannya, tetapi untuk menjaga mesin dan komponennya, Anda disarankan mengemudi dengan rentang kecepatan 50 – 80 km/jam.

6. Periksa Ban

Sebagai kompenen penting dalam aspek keselamatan pengendara, memeriksa ban adalah hal yang wajib dilakukan. Mulai dari memeriksa tekanan hingga kedalaman tapak ban. Jadi, biasakanlah untuk sering memeriksa ban setiap kali akan berkendara, mengingat ban kempes jadi salah satu akibat kecelakaan yang cukup sering terjadi. Selain itu, jangan lupa untuk merotasi ban agar keausannya merata.

Itu dia tips perawatan sederhana yang dapat dilakukan sendiri. Apabila ingin melakukan perawatan intensif, alangkah baiknya bila membawa kendaraan pada ahlinya. [yub/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips mobil,
#
tips merawat mobil,
#
cara ganti oli