MENU
icon label
image label
blacklogo

Ingin Coating Mobil Murah? Jangan Asal! Begini Tips Memilih Perawatan Coating Mobil

OCT 17, 2020@17:00 WIB | 267 Views

Istilah coating mobil memang sudah tidak asing lagi untuk didengar, terlebih dengan munculnya berbagai jenis perawatan coating mobil yang kini cukup trend dikalangan para pecinta otomotif. Meskipun banyak bengkel yang menawarkan jasa coating mobil, namun tidak sedikit dari kita yang paham apa sih sebenarnya coating mobil itu? Lalu apa manfaat utama dari coating pada mobil ?

Perawatan coating mobil

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi, kita perlu mengetahui apa sebenarnya coating mobil. Perawatan coating mobil adalah perawatan yang didalam prosesnya menambahkan lapisan khusus pada permukaan cat mobil. Tujuannya sudah tentu agar lapisan warna cat pada bodi mobil selalu tampak fresh, mengkilap, tidak kusam dan membuat tampilan mobil kamu selalu enak dipandang.
 

Dalam proses perawatan coating mobil, permukaan cat mobil di seluruh bodi akan diberikan sebuah cairan yang nantinya cairan tersebut akan mengeras. Cairan yang mengeras itulah yang kita sebut sebagai lapisan coating. Lapisan coating mobil ini memiliki tingkat kerapatan molekul yang lebih tinggi dibandingkan pelindung cat mobil seperti wax. Itu karena lapisan coating bekerja untuk menutup pori-pori pada permukaan cat mobil sehingga lebih tahan terhadap residu, air dan kotoran.

Umumnya, lapisan coating mobil menggunakan bahan SiO2 atau silikon dioksida yang merupakan bahan baku untuk membuat keramik dan kaca. Oleh karena itu jika mobil yang sudah dilakukan perawatan coating mobil akan tampak lebih mengkilap, glossy, cerah dan menawan.

Manfaat perawatan coating mobil

Sebagai pelapis tambahan pada permukaan cat dan bodi mobil, coating mobil memiliki manfaat-manfaat yang cukup besar guna menjaga penampilan mobil tetap segar dan tidak kusam. Selain itu, masih banyak manfaat-manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan, yuk simak di bawah ini.

Mencegah warna cat mobil pudar
Salah satu manfaat perawatan coating mobil ini adalah untuk mencegah pudarnya warna cat mobil. Ya betul, lapisan coating mobil akan melindungi permukaan car sekaligus warna cat dari paparan sinar ultraviolett yang ikut terbawa bersama pancaran sinar matahari.

Seperti yang Sahabat ketahui, bahwa sinar ultraviolet memiliki efek yang kurang baik terhadap permukaan dan warna cat. Warna cat pada permukaan bodi mobil yang sering terpapar sinar ultraviolet akan lebih cepat pudar dan kusam.

Terlindung dari goresan/baretan
Manfaat perawatan coating mobil berikutnya adalah permukaan cat mobil menjadi lebih memiliki daya tahan terhadap goresan yang lebih baik dibanding tanpa coating. Untuk manfaat yang satu ini tentu sangat tergantung dari kualitas bahan coating yang digunakan serta seberapa tebal lapisan coating yang diberikan ke permukaan cat.
 

Semakin tebal dan semakin keras lapisan coating yang diberikan, maka daya tahan cat mobil terhadap goresan dan baret juga akan meningkat dan semakin baik. Istilahnya cat lebih tahan terhadap goresan halus. Tapi Sahabat perlu ingat lapisan coating mobil tidak akan menghindari mobil dari goresan akibat benda tajam atau goresan yang disengaja ya Sahabat.

Bodi terlindung dari air dan jamur
Manfaat perawatan coating mobil selanjutnya adalah bodi mobil dan permukaan car menjadi lebih tahan terhadap bercak air dan jamur karena adanya efek water repellent. Efek water repellent biasa juga dikenal sebagai efek daun talas yang akan mencegah air dan kotoran agar tidak mudah menempel dan akan langsung tergelincir saat menyentuh permukaan car.
 

Permukaan cat yang memiliki bercak air yang mengering, lambat laun akan menimbulkan jamur pada bodi mobil. Dengan melakukan perawatan coating mobil, hal tersebut akan meminimalisir tumbuhnya jamur akibat bercak air yang mengering di bodi mobil tersebut.

Bodi mobil lebih mengkilap

Manfaat perawatan coating mobil selanjutnya adalah memberikan efek mengkilap pada bodi mobil yang lebih tahan lama. Jika menggunakan wax efek mengkilap pada bodi mobil hanya bertahan terhitung bulanan saja. Berbeda dengan perawatan coating mobil, mobil Sahabat akan tampak mengkilap minimal 1 tahun bahkan bisa lebih lama tergantung perawatan dan penggunaan mobil itu sendiri.

Apakah masih diperlukan perawatan setelah mobil di coating?

Sangat perlu. Meskipun perawatan coating mobil sudah dilakukan, Sahabat tetap harus melakukan perawatan seperti biasa. Artinya, sebagus apapun dan semahal apapun produk coating yang digunakan, jika mobil terkena air atau kotoran tetap akan tumbuh jamur atau kerak jika tidak segera dibersihkan.
 

Pada intinya pengertian apa itu coating adalah pelapisan cat mobil agar lebih mudah dalam melakukan perawatan. Nah apa saja perawatan coating mobil yang perlu kamu lakukan agar selalu menjaga mobil kamu tetap kinclong? Berikut Garasi.id rangkum dari berbagai sumber yang terpercaya dan akurat.

Pencucian berkala

Jika Sahabat hampir setiap hari menggunakan mobilnya, sudah tentu mobil akan lebih cepat kotor dan terlihat kusam bukan? Sangat dianjurkan minimal melakukan pencucian mobil tiga hari sekali tanpa menggunakan sabun khusus hanya dibasuh dengan air lalu di lap dengan lap microfiber. Hal itu berfungsi agar debu-debu yang dapat merusak cat dan lapisan coating mobil terbuang sehingga lapisan coating tidak rusak.

Menggunakan air PDAM

Tahu tidak, air adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh untuk mencuci mobil. Air yang bisa memiliki kadar yang baik adalah air PDAM. Baik mobil yang sudah di coating maupun belum, mencuci mobil dengan menggunakan air tanah sangat tidak disarankan karena kandungan kadar besinya banyak dan berbahaya untuk cat mobil kendaraan. Apalagi dengan adanya lapisan coating mobil, air yang kualitasnya jelek bisa merusak lapisan coating dengan mudah.

Shampoo/sabun khusus mobil

Melakukan pencucian mobil tanpa menggunakan sabun memang tidak dianjurkan terlalu sering, namun jangan asal memilih sabun cuci mobil. Memang pada dasarnya kotoran yang tertempel di permukaan mobil tidak akan hilang begitu saja dengan air. Sebaiknya pencucian mobil dengan sabun dilakukan minimal seminggu sekali. Kandungan PH dalam sabun cuci mobil sangat tinggi, hal itu dapat merusak lapisan coating mobil dan cat mobil kamu loh.

Penggunaan lap
Lap juga ikut andil besar dalam kerusakan pada body atau mesin kendaraan kamu. Proses pengelapan yang tidak benar akan menimbulkan goresan di bodi maupun kaca mobil Sahabat.

Lapisan coating mobil bisa dikatakan tipis, jadi sangat disayangkan jika saat proses pengelapan setelah mobil dicuci dilakukan secara asal-asalan. Selalu bedakan lap yang berbeda untuk panel atas, bawah kaca dan bodi agar terhindar dari baret. Kalau baret di bodi mungkin masih bisa diakali dengan menggunakan compound namun jika ada baret di kaca itu yang sulit dan mengganggu pandangan saat berkendara.

Coating mobil ada di Garasi.id

Nah itulah beberapa manfaat dan tips setelah coating mobil yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya melakukan perawatan mobil setelah di coating tidaklah sulit, hanya perlu ketelatenan dan kejelian. Ingat lapisan coating sangatlah tipis, jika kamu berpikir hanya dengan men-coating mobil akan selalu kinclong itu adalah persepsi yang salah.
 

Jika Sahabat ingin segera melakukan perawatan coating mobil, Garasi.id menawarkan jasa dan servis perawatan coating mobil. Salah satunya dengan partner Garasi.id yaitu Prima Berkat Gemilang dengan Promo 5H Nano Glass Coating Discount 40%.

Tags :

#
coating,
#
tips coating mobil,
#
coating mobil