MENU
icon label
image label
blacklogo

Bedakan Coating dan Wax Untuk Perlindungan Body Mobil

OCT 05, 2018@17:00 WIB | 441 Views

Memiliki mobil dengan bodi yang sangat mulus pastilah menjadi idaman bagi semua pemilik mobil. Dengan mengendarai mobil yang bersih dan mengkilap, tentu orang sekitar akan menganggap pemiliknya sebagai pribadi yang mencintai kerapihan dan kebersihan.

Perawatan yang sedemikian memiliki beberapa macam jenis cara, agar mendapatkan kualitas yang baik bagi bodi kendaraan. Selain mencuci mobil dengan menggunakan alat khusus, ada lagi cara untuk melindungi warna cat mobil. Saat ini ada berbagai macam cara, seperti wax dan nano coating. Namun, apakah Anda semua tahu apa perbedaan kedua cara tersebut dan dampaknya bagi mobil Anda? yuk simak perbedaan keduanya.

(Meskipun jutaan, namun coating bertahan selama 5 tahun)

Nano ceramic coating merupakan lapisan yang ditambahkan ke bodi mobil, namun lapisan ini lebih keras dan tebal. Lapisan ini dapat memberikan perlindungan terhadap cat lebih lama dan lebih kuat. Keuntungannya, “pelindung” cat ini dapat bertahan hingga tahunan. Kebanyakan di Indonesia, para distributor pelindung bodi mobil seperti ini mengklaim hingga lima tahun. Selain itu, cat akan tahan lama dari baret-baret halus akibat teknik mencuci yang kurang tepat, melindungi cat dari sinar matahari, dan air mudah turun layaknya di daun talas.

Tapi, untuk harga pemasanagan coating ini cukup mahal, mengingat syarat coating di tiap distributor berbeda menurut besar-kecilnya kendaraan. Jika dihitung-hitung, angka rupiah untuk pemasangan coating berkisar Rp 4-12 jutaan.

Dibawah itu, ada yang namanya Wax. Wax ini bukan untuk memoles kendaraan saja, namun lebih mengarah ke perawatan cat bodi kendaraan. Perlu dicatat bahwa proses wax ini lebih baik diaplikasikan pada saat mobil baru keluar dari showroom alias masih baru. Wax menggunakan bahan semacam lilin micro, agar dapat masuk ke dalam pori – pori mobil. Semakin sering nge-wax, semakin mengkilap mobil.

(Waxing mobil hanya bertahan 2-3 bulan)

Kekurangannya, mobil dengan wax ini hanya bertahan selama beberapa bulan saja. Setidaknya 2-3 bulan sekali pemilik mobil wajib “nge-wax” mobi pribadinya. Harga tentu wax ini lebih murah dari pada coating, bahkan beda jauh.

Jadi Black Pals, mana yang kamu pilih? Tentukan sendiri ya![prm/timBX]

Tags :

#
autotips,
#
coating,
#
wax,
#
body