MENU
icon label
image label
blacklogo

Cuaca Ekstrim, Perhatikan Kondisi Wiper Mobil Anda

JAN 10, 2020@17:00 WIB | 943 Views

Menjaga pandangan kaca mobil depan Anda tetap bersih meski dalam cuaca hujan dengan intensitas yang tinggi, cukup penting tentunya. Perlu luangkan waktu sejenak, wiper apa yang sesuai dengan kebutuhan cuaca dan mobil Anda. Ada model bilah konvensional (conventional blades), disisi lain juga ada gaya balok (beam) bahkan gaya hybrid. Ketiganya bisa Anda pilih salah satunya, sesuai dengan tempat tinggal Anda, dan berapa lama Anda dapat bertahan pada satu jenis, dan pastikan pilihan wiper sudah sesuai dengan kebutuhan.

Wipers Standar Berdesain Konvensional

Desain standar menjadi model paling umum wiper. Terdiri dari karet pembersih yang hold pada sebuah bingkai logam. Bingkai ini dapat diputar, seperti halnya wiper pada kendaraan yang lebih tua umurnya. Untuk mobil baru, biasanya telah menggunakan gaya bilah balok atau bilah hybrid. Namun karena kualitasnya standar, wajib diganti setiap 6 bulan sekali.  Beberapa merek yang bisa ditemui seperti, Bosch MircroEdge, Duralast, Duralast Winter Blade, dan Valucraft.

Wipers Superior Bergaya Balok (Beam Design)

Model bilah beam, biasaya digunakan untuk kontur kaca depan yang melengkung. Agar mendapatkan kontak yang maksium untuk membersihkan permukaan kaca. Menggunakan bahan karet solid bekerja cukup maksimum pada permukaan kaca yang melengkung.  Beam design dijual lebih mahal dari gaya konvensional, namun secara kinerja lebih efisien dan ketahanan dua kali lebih lama dari standar.

Cukup mampu mengatasi iklim yang cukup dingin, bahkan dalam kondisi berlumpur, es ataupun salju. Tersedia dalam berbagai merek seperti, Rain X Quantum, Bosch Icon, Duralast Max, Bosch Evolution, Duralast Flex Blade.

Wipers Berdesain Hybrid

Wiper dengan desain hybrid menggunakan desain konvensional dengan material karet yang lebih aerodinamis, melekat pada frame dengan kinerja lebih baik dari wiper konvensional. Frame memiliki titik suspensi yang bisa diputar, sehingga membantu menekan karet pada kaca yang melengkung. Wiper hybrid memiliki harga yang lebih terjangkau dan lebih kuat dari model trandisional, serta lebih terjangkau dari model beam. Tersedia brand Duralast Aero Blade.[Ahs/timBX]

Tags :

#
wiper mobil,
#
wiper konvensional,
#
wiper hybrid,
#
wiper beam